3 Langkah Efektif Dalam Belajar Bahasa Inggris

cara belajar bahasa InggrisPembaca allenglish.info yang terhormat. Belajar bahasa Inggris dirasakan tidak mudah bagi sebagian besar orang. Dalam belajar bahasa Inggris kadang-kadang seseorang mengalami rintangan. Hal tersebut akan menyebabkan perkembangan kemampuan bahasa Inggris nya terhambat. Untuk mengatasi rintangan tersebut diperlukan strategi belajar yang baik.

Dalam tulisan ini, kami dari tim allenglish.info ingin berbagi tiga langkah efektif yang bisa digunakan untuk mengatasi hambatan dalam belajar bahasa Inggris. Walaupun cuma tiga langkah, tetapi akan sangat membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anda. Baiklah, langsung saja kita lihat cara-caranya.

Tiga Langkah Efektif Dalam Belajar Bahasa Inggris

1. Input

Langkah pertama adalah gunakan input yang benar. Input merupakan yang paling penting dalam belajar bahasa Inggris. Kita harus menggunakan sumber dan materi yang baik. Ada dua input dalam belajar bahasa Inggris yaitu listening dan reading. Listening adalah input bagi speaking dan reading adalah input bagi writing. Gunakanlah hanya materi listening yang natural dan diucapkan oleh native speaker. Kita bisa memanfaatkan berbagai sumber seperti berita CNN, BBC,  film Hollywood, podcast dan audiobook.

Begitu juga dengan reading. Gunakanlah sumber bacaan yang baik dan benar. Kita dapat menemukan sumber-sumber tersebut di koran, majalah, website, dan buku-buku.  Bacalah buku yang bahasa Inggrisnya sudah disederhanakan atau simplified books pada awal belajar. Atau anda bisa membaca kalimat-kalimat sederhana seperti dalam simple english wikipedia. Jika sudah lancar, lanjutlah membaca website seperti BBC, English Wikipedia, atau membaca novel seperti Harry Potter, Lord of the Rings dan lain sebagainya.

2. Jangan Takut Salah

Langkah kedua adalah praktekkan bahasa Inggris anda. Tidak usah takut salah. Selama anda menggunakan input yang benar maka bahasa Inggris anda juga akan benar. Berlatihlah dengan teman atau orang lain yang bahasa Inggrisnya lebih baik dari anda. Lebih bagus lagi berbicaralah dengan native speaker. Atau anda juga bisa mencoba menulis email ke seorang native speaker. Kemudian anda bisa juga bergabung di komunitas sahabat pena untuk mendapatkan teman berlatih bahasa Inggris.

3. Tetapkan Target

Langkah ketiga adalah menetapkan target. Tetapkan apa yang akan capai dalam satu bulan belajar. Kemudian lanjutkan atur target untuk enam bulan atau satu tahun. Penetapan target ini berguna agar proses belajar semakin efektif dan juga sebagai evaluasi. Tentu saja anda harus berusaha keras untuk mencapai target tersebut.

Well, sobat pengunjung allenglish.info. Demikianlah langkah-langkah efektif yang bisa digunakan dalam belajar bahasa Inggris. Semoga bermanfaat. Jika anda memiliki saran, silahkan bagikan melalui komentar. 🙂