7 Cara Belajar Listening Yang Bisa Dicoba Di Rumah

Salam sejahtera pengunjung allenglish.info. Belajar bahasa Inggris tidak harus selalu dengan cara ikut kursus atau pelatihan. Kita bisa juga belajar secara mandiri di rumah dan hasilnya juga tidak akan kalah. Tentu saja tergantung kepada kerajinan dan keuletan masing-masing. Salah satu skill yang bisa dipelajari di rumah adalah listening.

Untuk mendukung sobat allenglish.info semuanya belajar bahasa Inggris di rumah, melalui tulisan ini kami dari tim allenglish.info akan membagikan cara-cara belajar listening yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita.

Langsung saja, beginilah cara-caranya :listening

1. Gunakan materi listening
Tentu saja kita harus menggunakan materi dalam belajar listening. Materi yang dimaksud adalah materi pelajaran bahasa Inggris khusus listening. Kita bisa mendapatkannya melalui buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang dilengkapi CD audio. Selain itu kita juga bisa mendownload berbagai macam materi listening di internet.

2. Nonton TV dan film
Cara kedua adalah dengan menonton televisi atau film berbahasa Inggris. Sebagai permulaan kita bisa menonton film dengan menampilkan subtitlenya, lalu cobalah menirukan bunyi kalimat yang diucapkan. Kemudian jika sudah lancar cobalah tidak menampilkan subtitle ketika menonton film.

3. Dengar lagu
Jika anda suka musik, maka cobalah mendengar lagu-lagu berbahasa Inggris. Pertama-tama dengarlah lagu berbahasa Inggris yang dinyanyikan oleh orang Indonesia, lalu simak dan ikuti teksnya. Jika anda sudah terbiasa, lanjutkan dengan mendengar lagu-lagu bule. Dengar saja lagu-lagu slow terlebih dahulu. Ikutlah bernyanyi sambil melatih bahasa Inggris anda.

4. Dengar radio
Memanfaatkan radio untuk berlatih bahasa Inggris juga cukup menguntungkan. Di zaman yang sudah canggih ini, kita bisa mendengar berbagai macam siaran radio dari seluruh dunia melalui internet. Cobalah simak saluran radio berbahasa Inggis seperti BBC, VOA atau ABC. Mereka juga punya siaran special untuk yang ingin belajar bahasa Inggris.

5. Simak podcast
Alternatif lainnya dalam belajar listening di rumah adalah dengan mendengar podcast. Sama dengan radio, kita bisa mendapatkan berbagai macam podcast dari berbagai topik dengan melalui internet.

6. Coba audiobook
Audiobook merupakan buku, cerpen atau novel yang dibacakan. Jadi ada teksnya dan ada suaranya. Mulailah dengan buku-buku yang mudah seperti children book atau buku yang sudah anda ketahui isi ceritanya.

7. Manfaatkan lagu anak-anak
Lagu anak-anak biasanya berirama riang, mudah didengar dan sederhana. Kita bisa menggunakan twinkle-twinkle litte star, Old McDonald dan lagu yang lainnya.

Sobat allenglish.info, demikianlah tujuh cara belajar listening yang bisa dicobakan di rumah. Semoga bermanfaat. Jika anda memiliki ide lain, mari bagikan melalui komentar. 🙂

Sumber gambar : pixabay.com