7 Cara Jitu Berlatih Speaking

Brothers and sisters pengunjung allenglish.info. Speaking merupakan tujuan utama dalam belajar bahasa Inggris. Rasanya tidak berguna kita belajar bahasa Inggris kalau tidak bisa speaking. Untuk melatih speaking ada banyak cara yang dilakukan orang.

Dalam kesempatan kali ini, kami dari tim allenglish.info ingin berbagi tips-tips berlatih speaking yang dapat dicobakan di rumah. Cara-cara berikut bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anda. Tanpa banyak kata pengantar lagi, berikut adalah cara-caranya :

1. Langsung coba

Cara pertama adalah langsung saja praktekkan speaking. Anda tidak perlu menunggu sampai anda menguasai beberapa kalimat. Atau menunggu sampai hafal dulu beberapa kata. Begitu anda mengetahui sebuah kata atau kalimat, langsung cobakan. Tirukan kalimat tersebut.

2. Perbaiki pronunciation

Berikutnya kita harus memperhatikan pronunciation. Perbaiki bagian yang dirasakan belum pas. Untuk bisa memperbaikinya tentu kita harus berpedoman pada contoh. Dalam hal ini kita sangat memerlukan listening. Dengar dan putar berkali-kali audio listening, kemudian tirukan suara yang anda dengar.

3. Berteman dengan native speaker

Bergaul dengan bule merupakan cara yang bagus dalam melatih speaking. Kita tidak harus pergi ke luar negeri untuk melakukan cara No. 3 ini. Kita bisa menggunakan aplikasi video call atau sarana komunikasi lainnya untuk berteman dengan bule.

4. Tingkatkan vocabulary dan gunakan

Menambah perbendaharaan kosakata saja tidak cukup. Kita harus mencobakan kosakata tersebut dalam kalimat. Ketika anda mendapatkan sebuah kosakata baru, segera cobakan dalam kalimat. Gunakan kosakata tersebut untuk berbicara.

5. Bergabung dengan komunitas bahasa Inggris

Ikutilah komunitas bahasa Inggris yang ada di sekitar tempat tinggal anda. Atau anda bisa juga bergabung dengan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah anda. Bagi yang sudah kuliah, bergabunglah dengan unit kegiatan mahasiswa english club. Biasanya di sekolah-sekolah dan di kampus-kampus ada english club nya. Jika belum ada, maka ajaklah teman-teman anda yang juga memiliki minat terhadap bahasa Inggris untuk membentuk english club.

6. Bernyanyi dan menonton filmsing a song

Menggunakan lagu untuk berlatih speaking merupakan cara yang menguntungkan. Apalagi jika anda memang suka musik. Pilihlah lagu berbahasa Inggris kesukaan anda. Dengarlah beberapa kali terlebih dahulu. Kemudian bernyanyilah.

Menonton film juga bisa meningkatkan kemampuan speaking kita. Tontonlah film berbahasa Inggris favorit anda dan pasanglah subtitle bahasa Inggrisnya. Tirukan ucapan dan kalimat yang anda dengar dari film tersebut. Anda bisa menekan tombol pause untuk membantu anda mendengar kalimat yang diucapkan.

7. Jangan takut salah

Namanya juga belajar. Tidak ada orang yang langsung bisa. Setiap orang pasti membuat kesalahan.

┬áBaiklah sobat allenglish.info. Itulah cara-cara yang bisa digunakan untuk berlatih speaking. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Apabila anda memiliki cara lain untuk berlatih speaking, silahkan bagikan melalui komentar. ­čÖé

Sumber gambar : pixabay.com