8 Cara Manjur Meningkatkan Kemampuan Writing

Kemampuan menulis dalam bahasa Inggris merupakan keahlian yang sangat berguna dalam pekerjaan, kuliah ataupun kehidupan sehari-hari. Writing adalah skill yang sering dianggap sulit untuk dikuasai. Sebagian orang bisa berbicara dalam bahasa Inggris tapi merasa sukar dalam writing. writing

Dalam tulisan ini, kami dari tim allenglish.info ingin membagikan cara-cara yang dapat dicobakan untuk membantu meningkatkan kemampuan writing kita. Baiklah, tanpa memperpanjang waktu lagi, langsung saja kita simak. Berikut adalah cara-caranya:

1. Write everyday

Praktekkan lah menulis dalam bahasa Inggris setiap hari. Anda bisa memulai dengan menulis buku harian. Tulislah apa saja yang anda lihat, dengar dan rasakan.

2. Tulis kalimat mudah

Tulis saja kalimat-kalimat mudah dan sederhana terlebih dahulu. Jangan langsung ingin mengarang kalimat yang panjang.

3. Suasana nyaman

Ciptakanlah suasana yang nyaman ketika berlatih writing. Anda mungkin membutuhkan waktu dan tempat khusus. Jauhkan internet atau smarthphone anda. Karena nanti anda akan tergoda untuk mengecek Facebook atau membaca pesan.

4. Periksa grammar

Kita bisa meminta orang yang bahasa Inggrisnya lebih bagus untuk memeriksa tulisan kita. Lebih baik lagi jika ada native speaker yang mau memeriksa grammar kita. Alternatif lain adalah dengan menggunakan pemeriksa grammar dan spelling online di internet. Atau bisa juga dengan menggunakan software berbayar.

5. Feedback dan komentar

Selanjutnya setelah grammar, mintalah teman atau saudara anda untuk memeriksa isi dan materi tulisan anda. Saran dan komentar dari orang lain akan membantu meningkatkan kemampuan writing anda.

6. Gunakan media sosial

Latihlah menulis status Facebook atau twitter dalam bahasa Inggris. Anda juga bisa berteman dengan orang-orang bule di media sosial untuk berlatih bahasa Inggris. Atau bisa juga bergabung dengan grup-grup belajar bahasa Inggris di Facebook.

7. Baca sumber yang baik

Bacalah materi yang bahasa Inggrisnya baik dan benar. Ini akan membantu anda memahami penggunaan grammar dengan tepat. Selain itu anda secara tidak langsung akan memahami pola kalimat dan penggunaan vocabulary.

8. Praktek menulis

Praktekkan writing. Menulislah. Ingatlah ketika anda belajar naik sepeda, apakah anda duduk dan mencatat teori naik sepeda? Tentu saja tidak. Belajar writing sama dengan belajar naik sepeda. Langsung saja coba. Salah itu biasa. Belajar naik sepeda saja ada jatuhnya. Tidak langsung mahir. Begitupun writing, praktekkan menulis, jangan hanya membaca teori saja.

 Allright brothers and sisters pengunjung allenglish.info. Semoga cara-cara diatas bermanfaat. Jika anda memiliki ide lain, mari bagikan melalui komentar. 🙂

Sumber gambar : pixabay.com