9 Cara Ampuh Untuk Meningkatkan Reading

Kegiatan membaca tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari kita. Hampir di setiap waktu ada saja aktivitas membaca. Apakah itu membaca koran, majalah, buku pelajaran, makalah, SMS, email, browsing internet dan lain sebagainya.reading

Dalam belajar bahasa Inggris pun, membaca atau reading adalah keahlian yang penting. Dalam artikel ini, kami dari tim allenglish.info akan berbagi cara-cara yang bisa kita cobakan untuk meningkatkan kemampuan reading kita, yang diadaptasi dari learnenglish.de. Baiklah, tanpa berpanjang lebar, berikut adalah cara-caranya :

1. Read everyday

Lakukan aktivitas membaca setiap hari. Luangkan waktu beberapa saat untuk membaca. Bacalah apa saja yang anda temui, Jadikan reading sebagai kebiasaan baru anda.

2. Baca buku yang anda suka

Membaca buku atau topik favorit anda akan memudahkan dalam belajar bahasa Inggris. Jika anda menyukai topik sepakbola, maka bacalah berita sepakbola di Jakarta Post atau artikel sepakbola berbahasa Inggris di internet.

3. Kunjungi perpustakaan, carilah buku dua bahasa

Datangilah perpustakaan terdekat dari tempat tinggal anda. Kemudian pinjamlah buku dua bahasa, Inggris-Indonesia. Apabila tidak ada, maka anda bisa juga mencari artikel dua bahasa di internet. Membaca tulisan dua bahasa akan mendukung kemampuan reading anda.

4. Baca berkali-kali

Bacalah sebuah tulisan berkali-kali. Ulangi lagi sampai anda benar-benar paham. Anda tidak harus membacanya dalam satu hari. Jika hari ini anda membaca dua halaman cerita pendek, maka anda dapat mengulang lagi membaca cerita pendek tersebut seminggu sesudahnya. Kemudian beberapa hari setelah itu bacalah kembali. Cara seperti ini akan meningkatkan pemahaman kita.

5. Diskusikan isi buku

Setelah membaca, cobalah untuk mendiskusikan isi bacaan dengan teman. Ajaklah saudara atau kawan anda mendiskusikan isi cerita, artikel atau berita yang baru saja anda baca. Alternatif lain anda bisa bergabung dengan klub buku untuk menemukan teman diskusi.

6. Jangan langsung baca karya sastra klasik

Bacalah materi yang ringan-ringan saja dulu. Jangan langsung terjun ke karya-karya klasik. Karya sastra, khususnya yang klasik biasanya mengandung bahasa Inggris yang agak susah dipahami.

Jadi mulailah dengan yang enteng dan sederhana. Buku cerita bergambar untuk anak-anak akan membantu dalam meningkatkan kemampuan reading. Atau bisa juga baca komik dan graded reader books.

7. Jangan pahami kata, pahami kalimat

Pahamilah kalimat secara keseluruhan. Jangan artikan kata demi kata. Kata-kata hanya bermakna jika berada dalam konteksnya.

8. Jangan terjemahkan langsung pakai kamus

Jika anda menemukan kata-kata sulit dalam bacaan, jangan langsung melihat kamus. Cobalah untuk memahami kata tersebut dengan menghubungkannya dengan kalimat sebelumnya atau kalimat sesudahnya. Jika terpaksa barulah lihat kamus.

9. Baca dan analisis

Setelah anda membaca, cobalah untuk menganalisis isi bacaan tersebut. Misalnya dengan memberikan komentar dan penilaian. Dengan menganalisis akan meningkatkan pemahaman reading kita.

Well, brothers and sisters pengunjung allenglish.info. Mudah-mudahn cara-cara untuk meningkatkan reading di atas bermanfaat bagi kita semua. Jika anda memiliki cara lain, mari bagikan melalui komentar. 🙂

Sumber gambar : pixabay.com