Apa itu Bahasa Inggris?

Mungkin ini pengaruh dari kebiasaan ketika sekolah atau kuliah. Ketika belajar selalu dimulai dari definisi atau pengertian. Katanya tak kenal maka tak sayang, jadi sebelum belajar sesuatu diawali dulu dengan pengertian atau definisi. Tapi tidak semuanya juga pelajaran seperti itu. Nah, ketika ingin belajar bahasa Inggris, apakah perlu juga kita mencari tahu apa itu bahasa Inggris dan apa definisi bahasa Inggris. Rasanya tidak perlu ya, karena hampir semua orang sudah tahu apa itu bahasa Inggris. Di Indonesia saja bahasa Inggris sudah diajarkan dari bangku SMP. Sebelumnya malahan dari tingkat SD sebelum akhirnya dihapuskan oleh pemerintah. Walaupun ketika disuruh ngomong bahasa Inggris bisanya cuma yes, no, i love you dan thank you saja, hehehehe…

englishBaiklah, karena ada juga sebagian orang yang ingin tahu apa itu bahasa Inggris dan apa definisi bahasa Inggris maka perlu juga sedikit kita bahas disini secara umum. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang berasal dari negara Inggris. Bahasa ini juga digunakan di negara-negara lain seperti Amerika Serikat, Australia, dan Singapura. Sekarang ini, bahasa Inggris sudah menjadi bahasa dunia. Hubungan komunikasi internasional antar negara dilaksanakan dengan menggunakan bahasa Inggris.  Saat ini jumlah penutur bahasa Inggris diperkirakan berada pada urutan ketiga terbesar di dunia setelah bahasa Mandarin dan bahasa Spanyol. Bahasa Inggris menggunakan sistem alfabet Latin, maksudnya huruf-huruf yang digunakan adalah huruf Latin seperti ABCD dan seterusnya. Jadi hurufnya sama dengan huruf bahasa Indonesia.

Bahasa Inggris berkembang dari rumpun bahasa Indo Eropa dan masih berkerabat dengan bahasa Jerman. Kata-kata English berasal dari Anglisc, yaitu bahasa yang digunakan oleh suku bangsa Angles, salah satu suku bangsa Jerman yang datang untuk menaklukkan daratan Inggris Raya. Selanjutnya bahasa Inggris berkembang dari berbagai macam bahasa seperti bahasa Latin, bahasa Yunani, bahasa Jerman dan bahasa-bahasa lainnya.  Perkembangan bahasa Inggris biasanya dibagi kedalam; Old English, Middle English dan Modern English.

Berkembangnya bahasa Inggris menjadi bahasa internasional bermula dari tumbuhnya imperialisme Inggris yang telah menyebar keseluruh dunia. Seiring dengan banyaknya daerah koloni Inggris dimuka bumi, maka tersebar jugalah bahasa Inggris. Pengaruh Amerika Serikat sebagai negara super power juga telah mendorong tersebarnya bahasa Inggris keseluruh dunia.

Jadi, kira-kira begitu gambaran tentang bahasa Inggris. Semoga dari penjelasan diatas dapat ditangkap seperti apa bahasa Inggris dan gambaran tentang bahasa Inggris. Sampai jumpa di artikel berikutnya. 🙂