Apa itu Gerund Dalam Bahasa Inggris ?

Apa itu Gerund Dalam Bahasa Inggris – Ketika anda belajar bahasa Inggris mungkin anda sering mendengar istilah gerund dalam tata bahasa Inggris (grammar). Selain merupakan salah satu faktor penting dalam membentuk suatu kalimat, gerund juga berfungsi untuk membuat kalimat akif dan pasif dalam suatu percakapan bahasa Inggris. Menurut definisinya gerund adalah suatu kata kerja yang dibentuk menjadi sebuah kata benda dengan menambahkan akhiran -ing pada kata kerja tersebut, sebagai contoh feel (kata kerja) + ing menjadi feeling (kata benda) atau read (kata kerja) + ing menjadi reading (kata benda). Berikut adalah contoh perbedaan gerund dengan verb:

  • My mother is reading a newspaper now.                 (verb)
  • Reading a newspaper is my mother’s hobby.          (gerund)

Meskipun berfungsi sebagai kata kerja yang diubah menjadi kata benda, namun gerund masih bersifat verb (kata kerja), jika kata kerja gerund berada di dalam gerund phrase, seperti diikuti dengan direct object jika kata gerund berasal dari sebuah kata yang berasal dari kata transitive verb. Pada umumnya kata ini lebih sering untuk menamai sebuah action (aksi) dalam suatu kalimat atau juga menggambarkan state of being (keadaan) dalam percakapaan bahasa Inggris.

gerund, kata benda, verb + ing

Penggunaan dan Contoh Gerund Dalam sebuah kalimat

Secara umum gerund dibentuk untuk melengkapi sebuah percakapaan yang dibentuk dari 3 elemen dasar, seperti halnya pada kata kerja bentuk dasar (infinitive) gerund juga memiliki peran yang penting dalam membentuk sebuah kalimat.

  • Kaidah dan Syarat Pembentukan Gerund dalam sebuah kalimat

Untuk membentuk sebuah kata dan membentuk sebuah kalimat dengan menggunakan gerund, maka anda perlu mengetahui beberapa kaidah dasar serta syarat untuk membentuk sebuah kalimat gerund dengan benar, antara lain

  • Jika di dalam sebuah kata terdapat lebih dari satu konsonan huruf vocal (seperti : a, i, u, e, dan o), tambahkan ing. Contoh: look + ing menjadi looking dan cook + ing menjadi cooking.
  • Jika di dalam sebuah kata terdapat lebih dari satu konsonan huruf hidup yang diiringi dengan penekanan pada suku kata dalam suatu kalimat, maka anda dapat menggandakan huruf konsonan tersebut dan tambahkan ing. Contohnya: hit + ing menjadi hitting.
  • Jika di dalam sebuah kata terdapat lebih dari satu konsonan huruf (seperti : b, c, d, f, dsb), tambahkan ing. Contoh: read + ing menjadi reading.
  • Jika di dalam sebuah kata terdapat lebih dari satu konsonan huruf “e” atau lebih maka anda dapat menghilangkan huruf e dan tambahkan ing. Contoh: take + ing menjadi taking.
  • Jika di dalam sebuah kata huruf terakhirnya y, tambahkan ing. Contoh: fly+ ing menjadi flying.

  • Gerund Sebagai Subjek

contoh :

Smoking is not my habit.

Reading newspaper is fun.

Painting is my hobby .

  • Kata Kerja yang Diikuti Gerund

Kata kerja (verb) yang diikuti oleh gerund dapat berupa kata kerja tanpa tambahan komplemen atau dengan tambahan komplemen.

Contoh :

I hate studying with him.

I heard her singing the song on the movie.

We has has finished our working.

  • Gerund Sebagai objek

Contoh:

He doesn’t like smoking.

She likes painting.

Anwar goes to fishing.

  • Gerund Sebagai komplemen

Contoh :

His hobby is fishing in the river.

Her problem is not having money.

Their problem is not coming to the party on time.

Demikianlah penjelasan kami mengenai pengertian dan penggunaan gerund dalam bahasa Inggris, semoga dengan penjelasan kami di atas bermanfaat bagi pembaca sekalian. Selamat belajar. 🙂