Apa Itu Grammar?

Grammar… Ketika kita ajukan pertanyaan kepada orang-orang yang belajar bahasa Inggris tentang apa kendala berbicara atau menulis dalam bahasa Inggris, maka salah satu alasannya adalah masalah grammar. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan grammar itu sendiri dan mengapa grammar dianggap sulit?

grammarMenurut Michael Swan dalam bukunya Practical English Usage tahun 2005, Grammar adalah aturan yang menerangkan bagaimana kata digabungkan, disusun atau diubah untuk menunjukkan beberapa jenis makna tertentu.

Sementara itu menurut kamus Oxford Learner’s Pocket Dictionary, grammar adalah aturan-aturan dalam penyusunan kata dan pembuatan kalimat atau buku yang berisi aturan-aturan dalam pembuatan kalimat dan penyusunan kata.

Menurut Gerald Nelson , dalam bukunya English An Essential Grammar, grammar merupakan suatu kajian tentang bagaimana kata-kata disusun untuk membentuk kalimat.

Berdasarkan pernyataan-pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa grammar merupakan aturan dalam tata bahasa untuk menyusun kata-kata menjadi bentuk kalimat dalam penggunaan bahasa. Lalu apa yang membuat orang berpikir grammar itu sulit? Apakah terlalu banyak aturan dalam bahasa Inggris atau karena belajarnya yang kurang gigih? Banyak para pembelajar bahasa Inggris mundur ketika belajar grammar ? Grammar seolah-olah menjadi sesuatu yang menakutkan.

Apa saja yang dibahas dalam grammar? Beberapa diantaranya adalah aturan tentang :

  • penyusunan subject dan verb (subjek dan kata kerja)
  • noun (kata benda)
  • pronoun (kata ganti)
  • adverb (kata keterangan)
  • adjective (kata sifat)
  • preposition (kata depan)
  • dst

Karena terlalu memikirkan aturan tata bahasa maka seorang pembelajar bahasa Inggris jadi takut untuk mencoba speaking atau malas berlatih writing. Kalau sudah begini tentu tidak heran kemampuan bahasa Inggrisnya begitu-begitu saja. (Lihat juga penyebab bahasa Inggris jelek walau sudah ikut kursus di sini)

Coba kita ingat-ingat lagi masa kecil kita. Atau kita perhatikan anak kecil yang belajar bicara. Seorang balita tidak takut membuat kesalahan dalam berbicara. Yang penting ngomong terus, walau susunan katanya terbalik-balik atau penyebutan katanya belum pas alias cadel. Perlahan tapi pasti, balita tadi sudah beranjak menjadi anak kecil yang mampu berbicara dengan susunan kata yang tepat dan mampu berkomunikasi dengan lancar tanpa memikirkan grammar.

Pola seperti itu bisa juga kita terapkan dalam belajar bahasa Inggris. Latihan saja dengan rutin. Tentu waktu yang diperlukan untuk bisa berbicara secara fasih tidak sama dengan waktu yang dialami seorang balita tadi untuk bisa bicara dengan lancar. Hal ini terjadi karena kita sudah bisa berbicara sebelumnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah masing-masing. Demikian sedikit informasi tentang grammar. Apakah menurut anda grammar itu memang susah ? Silahkan berikan jawaban melalui komentar. 🙂