Apa Itu TOEFL?

Kita sering mendengar kata-kata TOEFL. Bahkan mungkin sudah pernah ikut TOEFL. Namun ada juga orang yang belum mengetahui TOEFL. Parahnya lagi mungkin ada yang sudah ikut TOEFL tetapi tidak tahu ternyata ujian yang diikutinya itu adalah TOEFL. Hehehehe…

apa itu TOEFLBaiklah, karena hal tersebut cukup sering terjadi dalam kehidupan kita semua, maka kami dari tim allenglish.info bermaksud membagikan informasi tentang TOEFL dalam artikel ini. TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah suatu ujian kemampuan berbahasa Inggris bagi orang yang bahasa aslinya bukan bahasa Inggris. Jadi TOEFL ditujukan bagi orang-orang seperti kita ini yang berasal dari negara yang tidak berbahasa Inggris. Orang Amerika tentu tidak perlu TOEFL-TOEFL an. Mereka sudah berbahasa Inggris dari lahir.

TOEFL merupakan uji kemampuan bahasa Inggris dengan aksen Amerika yang digunakan sebagai salah satu syarat pendaftaran kuliah di Amerika Serikat dan negara-negara lain di dunia. Tes TOEFL juga digunakan untuk persyaratan masuk kerja dan persyaratan naik pangkat dalam karir. TOEFL dibuat oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah lembaga nirlaba Amerika Serikat yang bergerak di bidang pendidikan.

Semua tes TOEFL diselenggarakan oleh ETS, sedangkan test TOEFL yang diselenggarakan oleh lembaga lain (yang tidak bekerjasama dengan ETS) adalah TOEFL Like, simulasi TOEFL atau try out TOEFL. ETS juga melaksanakan TOEFL Institutional yang berfungsi sebagai prediksi bagi yang akan mengikuti tes TOEFL International.

Tes TOEFL berlangsung dalam waktu 2,5 jam atau lebih dan terdiri dari bagian: listening comprehension, grammar structure and written expression, reading comprehension, dan writing. Tes TOEFL terdiri dari dua jenis yaitu: Computer Based Testing (sejak tahun 2005 disebut IBT/Internet Based Test) dan Paper Based Testing.

Biasanya yang digunakan di Indonesia adalah Paper Based Testing, ujian TOEFL dengan menjawab pada lembaran kertas, yang biasanya juga hanya terdiri dari listening, structure dan reading tanpa menyertakan writing. TWE (Test of Written English) akan dilaksanakan jika peserta mengikuti TOEFL resmi dari ETS yang berbiaya lebih kurang US $ 175 untuk PBT dan mulai US $ 160-250 untuk IBT.

Ada juga tes wawancara yang dikenal dengan TSEP (Test of Spoken English Program), dengan biaya US $ 100, tes ini berguna jika peserta tes mendaftar menjadi asisten dosen di kampus universitas di Amerika Serikat atau negara lain. Nilai maksimum dari ujian TOEFL PBT adalah 677 dan nilai minimumnya 310. Untuk IBT rentang nilainya 0-120.

Well, brothers and sisters. Demikianlah sekelumit informasi tentang TOEFL. Jika ada tambahan, silahkan sampaikan melalui komentar. 🙂