Apa Perlunya Belajar Bahasa Inggris?

bahasa inggris pentingMemangnya bahasa Inggris itu perlu ya ? Mengapa pelajaran bahasa Inggris ini harus ada di sekolah atau di kampus ? Apa gunanya ? Susah dipelajari dan bikin lidah berbelit. Hehehehe.. Pertanyaan dan pernyataan seperti ini muncul ketika seseorang belajar bahasa Inggris. Jawaban dari pertanyaan tersebut tentu kembali ke tujuan masing-masing orang yang belajar bahasa Inggris. Keputusan pemerintah menjadikan Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib di sekolah serta mata kuliah wajib dalam perkuliahan tentu sudah dipertimbangkan secara mendalam.

Berbagai macam alasan orang dalam belajar bahasa Inggris. Ada yang terpaksa saja karena bahasa Inggris adalah mata pelajaran wajib. Ketika belajar di sekolah atau di kampus malas-malasan. Sering keluar masuk kelas. Mengerjakan tugas dan latihan hanya sekedarnya saja. Akibatnya walaupun sudah belajar bahasa Inggris dari SMP atau bahkan ada yang dari tingkat sekolah dasar, kemampuan bahasa Inggrisnya begitu-begitu saja.

Faktor lain adalah karena ingin meningkatkan pengetahuan. Dengan menguasai bahasa Inggris berarti kesempatan untuk memahami ilmu pengetahuan menjadi lebih terbuka, karena bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar internasional. Berbagai macam buku, jurnal dan penelitian ilmiah ditulis dalam bahasa Inggris, sehingga dengan bisa berbahasa Inggris maka peluang menambah pengetahuan terbuka luas.

Sebab lain yang membuat orang berpikir bahasa Inggris itu perlu adalah karena ingin melakukan perjalanan atau travelling. Bahasa Inggris merupakan syarat utama dalam travelling. Komunikasi internasional dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris. Negara manapun yang menjadi tujuan, bahasa Inggris merupakan media komunikasi yang bisa diterima.

Faktor berikutnya yang menjadikan bahasa Inggris itu perlu adalah pekerjaan. Banyak lowongan pekerjaan yang mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris bagi pelamarnya. Apalagi di zaman yang canggih ini, banyak perusahaan-perusahaan yang melakukan kegiatan bisnis dengan perusahaan asing.

Beasiswa merupakan alasan selanjutnya yang menyebabkan bahasa Inggris itu penting. Hampir semua lembaga penyedia beasiswa luar negeri menjadikan kemampuan bahasa Inggris syarat mutlak untuk mendapatkan beasiswa. Walaupun ada juga yang berhasil mendapatkan beasiswa dengan kemampuan bahasa Inggris pas-pasan,tetapi ketika sudah berkuliah di luar negeri tentu yang bersangkutan harus berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Jadi lebih baik mempersiapkan diri dulu supaya nantinya tidak repot.

Alasan selanjutnya yang membuat bahasa Inggris itu penting bisa saja karena seseorang ingin terlihat keren dan pintar. Ya, orang yang bisa berbahasa asing terkesan keren. Kalau masalah pintar, jika dibandingkan dengan yang tidak bisa berbahasa Inggris, tentu saja karena sudah bisa berkomunikasi dengan bahasa asing yang bukan bahasanya sendiri.

Nah, kembali lagi ke masalah tadi, apa perlunya belajar bahasa Inggris ? Di kehidupan yang seperti ini tentu kemampuan bahasa Inggris sangat bermanfaat. Tetapi pada akhirnya kembali kepada kebutuhan masing-masing pribadi. Semoga artikel ini bermanfaat 🙂