Apa Saja Kendala Dalam Belajar Bahasa Inggris?

Bahasa Inggris di Indonesia sudah diajarkan dari tingkat sekolah menengah pertama. Sebelumnya bahasa Inggris diajarkan dari level sekolah dasar. Kemudian pemerintah memutuskan merubah kurikulum pendidikan dan menghapus mata pelajaran bahasa Inggris dari sekolah dasar. Walaupun sudah belajar dari SD terus SMP dan SMA bahkan hingga tingkat perguruan tinggi, banyak juga orang yang merasakan kemampuan bahasa Inggrisnya tidak terlalu berkembang. Hal tersebut muncul sebagai akibat dari rintangan-rintangan yang ditemui dalam belajar bahasa Inggris.kendala dalam belajar bahasa inggris

Belajar bahasa Inggris terlihat mudah bagi sebagian orang. Banyak juga yang merasa bahasa Inggris itu sulit. Kesulitan tersebut muncul karena adanya kendala-kendala dalam belajar bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa hambatan dalam belajar bahasa Inggris yang berhasil dihimpun oleh tim allenglish.info :

1. Sulit memahami arti kata.

Ini adalah masalah yang paling banyak dikemukakan. Kata-kata dalam bahasa Inggris dirasakan sulit untuk dipahami. Satu buah kata kadang-kadang memiliki banyak arti.

2. Pengucapan susah.

Selain kata-katanya susah dipahami, ucapan dalam bahasa Inggris juga sulit dilafalkan. Banyak orang mengeluhkan bahasa Inggris tulisannya lain, bacaannya lain. Bikin lidah berbelit saja.

3. Tidak mengerti ucapan orang karena bicara nya cepat.

Kendala berikutnya dalam belajar bahasa Inggris adalah ucapan terlalu cepat sehingga tidak bisa di mengerti. Bahasa Inggris terdengar seperti orang berkumur-kumur.

4. Malas writing.

Malas belajar menulis dalam bahasa Inggris adalah salah satu alasan yang menjadi penghambat dalam belajar. (Lihat juga cara belajar writing di sini)

5. Malas baca tulisan panjang.

Selain malas belajar menulis, membaca tulisan yang panjang juga bisa menjadi kendala dalam belajar bahasa Inggris

6. Belum terbiasa berbahasa Inggris.

Alasan berikutnya yang menjadi hambatan dalam belajar bahasa Inggris adalah karena belum terbiasa dengan bahasa Inggris.

7. Susah listening.

Listening juga menjadi semacam hal yang menakutkan dalam belajar bahasa Inggris sehingga bagi sebagian orang ini menjadi rintangan dalam belajar.

8.  Kurang berani berbicara.

Tidak percaya diri untuk mencobakan hasil belajar bahasa Inggris bisa menjadi penghambat perkembangan kemampuan bahasa Inggris seseorang. Belajar bahasa intinya adalah untuk digunakan dalam komunikasi. Jadi harus dipraktekkan.

9. Rasa Bosan.

Alasan lain yang merupakan penghambat dalam belajar bahasa Inggris adalah rasa bosan. Hal ini bisa saja dipicu oleh faktor internal orang yang belajar atau faktor eksternal.

Demikian beberapa kendala yang dialami orang dalam belajar bahasa Inggris. Sobat allenglish.info, apakah anda juga memiliki kendala dalam belajar bahasa Inggris ? Silahkan kemukakan melalui komentar. 🙂