Aturan Dasar Penggunaan Tanda Koma dalam Bahasa Inggris

Aturan Dasar Penggunaan Tanda Koma dalam Bahasa Inggris – Dalam ilmu tata bahasa baik itu tata bahasa Inggris, bahasa Indonesia ataupun bahasa lainnya, penggunaan tanda baca seperti koma (,) , tanda tanya (?) , ataupun tanda titik (.) berperan sangat penting dalam membentuk sebuah kalimat. Tanpa disertai dengan tanda baca maka sebuah kalimat akan terasa datar dan tidak memiliki intonasi yang jelas. Oleh sebab itu pada umumnya tanda baca sering digunakan untuk membuat sebuah intonasi pada sebuah kalimat agar pembaca lebih memahami maksud dari apa yang kita sampaikan. Baiklah, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengulas tentang beberapa aturan dasar penggunanaan koma (,) dalam bahasa Inggris dan cara meletakannya dalam sebuah kalimat. Untuk lebih jelasnya silahkan simak baik –baik penjelasan kami di bawah ini.

comma, koma, tanda koma

Tanda Koma Dalam Bahasa Inggris digunakan pada Serial

Menurut tata bahasa Inggris penggunaan koma harus digunakan pada sebuah kalimat yang memiliki serial sebagai contoh: red, black and white. Jika kita menulis kata yang merupakan kalimat serial (rangkaian) maka kita harus menggunakan tanda koma (,) sebab jika tidak disertai tanda koma, maka kalimat tersebut akan menjadi rancu.

  • Contoh: Anwar has two blue shoes, three white bags, and black shirts.

Tanda Koma Dalam Bahasa Inggris Digunakan Pada kalimat Konjungsi

Selain digunakan pada kalimat serial, tanda koma (,) dalam bahasa Inggris juga digunakan pada kalimat konjungsi yang disertai dengan 2 (dua) klausa independen sebagai contoh:

  • He is handsome
  • He is Black

Jika kalimat tersebut digabungkan maka anda harus menggunakan tanda koma sebagai penghubung, sebagai contoh :

  • He is handsome, but he is black

Tanda Koma Dalam Bahasa Inggris Digunakan Pada Certain Words

Sebuah kalimat certain word atau kalimat yang memiliki penekanan tentu membutuhkan tanda koma, sebab jika tidak disertai tanda koma maka kalimat tersebut akan terdengar kurang bagus. Sebagai contoh:

  • What, you can’t fix this?!
  • No, you are not allowed!

Tanda Koma Dalam Bahasa Inggris Digunakan Pada Pemisah Tanggal dan Tahun

Dalam aturan tata bahasa Inggris, tanda koma juga digunakan sebagai pemisah pada sebuah kalimat yang berhubungan dengan tanggal dan tahun, sebagai contoh :

  • The movie was created in the summer of September 2, 2011 ( Film itu dibuat pada musim panas tanggal 2 September tahun 2011)
  • This Movie was May 3, 2009, edition. (Buku Anda adalah edisi 3 Juni 2005.)

Tanda Koma Dalam Bahasa Inggris Digunakan sebagai Pemisah Alamat (Kota dengan Negara)

Jika anda membuat sebuah kalimat yang berhubungan dengan kota atau negara, maka anda wajib menggunakan tanda koma sebagai pemisah dari kalimat tersebut. Sebab jika tidak diiringi tanda koma, maka kalimat tersebut akan menjadi tidak jelas dan pembaca akan bingung mana kota dan mana negara. Sebagai contoh:

  • I am the man from Bogor, Jakarta, Indonesia.
  • He is come from Lampung, Indonesia
  • My brother live in Ciputat, South Tangerang, Banten.

Tanda Koma dalam Bahasa Inggris Digunakan Sebagai Pemisah Angka Ribuan

Aturan penggunaan tanda koma dalam bahasa Inggris yang terakhir ialah bahwa tanda koma digunakan untuk memisah angka ribuan, sementara tanda titik, digunakan sebagai pemisah angka desimal. Berikut adalah contohnya:

  • 1,000
  • 200,000
  • 3,000,000

Baiklah pembaca, demikian penjelasan kami mengenai Aturan Dasar Penggunaan Tanda Koma dalam Bahasa Inggris, semoga dengan penjelasan kami diatas berguna bagi pembaca sekalian, have fun and keep learning English. 🙂