Bagaimana Seharusnya Belajar Bahasa Inggris Di Sekolah/Di Kampus?

Di Indonesia bahasa Inggris sudah diajarkan dari bangku sekolah. Beberapa orang malahan sudah belajar bahasa Inggris dari level sekolah dasar. Walaupun demikian, masih banyak juga siswa ataupun mahasiswa yang kurang puas dengan kemampuan bahasa Inggris mereka.

Salah satu faktor pemicunya adalah pelajaran yang diberikan di sekolah atau di kampus dirasakan kurang. Bisa saja kurang puas dengan penyajian materi pelajaran, atau kurang cocok dengan metode pengajaran. Tertarik dengan hal tersebut, tim allenglish.info mengajukan pertanyaan pada beberapa orang mahasiswa tentang ‘bagaimana seharusnya belajar bahasa Inggris di sekolah atau di kampus?’

Berikut adalah jawabannya :

1. Belajar menggunakan video

Video merupakan salah satu media pembelajaran yang baik. Banyak sekali video-video bahasa Inggris yang bisa diperoleh dengan mudah di internet.

2. Cepat pulang

Sepertinya bahasa Inggris tidak menarik bagi sebagian orang. Jadi mereka ingin cepat pulang saja.

3. Santai

Belajar bahasa Inggris harus santai, jangan tegang dan tidak terlalu serius. Materi yang diajarkan juga harus mencakup seluruh skill, listening, reading, speaking, dan writing.

4. Banyak praktek

Beberapa orang merasa kurang mendapatkan kesempatan praktek ketika belajar bahasa Inggris di sekolah atau di kampus, khususnya praktek speaking.

5. Ada English club

Di sekolah atau di kampus harus ada English club sebagai wadah bagi siswa dan mahasiswa untuk mencobakan hasil belajarnya.

6. Ada studi banding ke luar negeri

Jawaban yang menarik. Tetapi tentu hal ini membutuhkan biaya mahal.

7. Ada bulenya

Hadirnya native speaker dalam pelajaran bahasa Inggris akan bermanfaat bagi perkembangan kemampuan bahasa Inggris siswa. Native speaker bisa sebagai guru/dosen utama atau guru/dosen tamu.

8. Ada hiburan

Hiburan atau games mungkin bisa diberikan supaya kelas bahasa Inggris menjadi rileks dan tidak monoton.

9. Ada lagu

Menggunakan lagu dalam belajar bahasa Inggris selain bisa melatih listening juga bermanfaat untuk melatih pronunciation.

10. Penguasaan vocabulary

Sejumlah orang merasa butuh peningkatan kemampuan penguasaan vocabulary mereka dan penjelasan kata-kata sulit dalam bacaan.

11. Ada jeda

Mungkin pelajaran bahasa Inggris dirasakan terlalu cepat dan terlalu padat sehingga dibutuhkan jeda.

12. Sering listening listening

Sebagian sekolah dan kampus tidak memiliki fasilitas yang memadai untuk berlatih listening.

Well, sobat allenglish.info. Demikianlah informasi tentang bagaimana seharusnya belajar bahasa Inggris di sekolah/di kampus. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Bagaimana dengan anda? Apakah anda memiliki pendapat lain? Silahkan bagikan melalui komentar. 🙂

Sumber gambar : pixabay.com