Belajar Bahasa Inggris Dengan Menonton Film

Halo sobat English learners. Bagaimana kabar anda? Moga-moga anda baik-baik saja. By the way, kami ingin tahu, apakah anda suka menonton film? Film apa yang sering anda saksikan? Romance? Horror? Atau drama? Film Korea kah yang sering anda tonton? Atau jangan-jangan film India lagi… Hehehe… Film apapun pilihan anda tidak masalah karena itu adalah selera masing-masing.

film, bioskop, nonton

Dalam tulisan ini allenglish.info akan bercerita tentang salah satu cara efektif unutk mempercepat perkembangan kemampuan bahasa Inggris anda. Seperti yang bisa anda ketahui dari judul artikel ini, cara tersebut adalah dengan menonton film. Tentu saja yang ditonton adalah film berbahasa Inggris ya, bukan bahasa lain, hehehehe….. Berikut ini adalah penjelasan dari cara berlatih bahasa Inggris dengan film seperti yang allenglish.info dapatkan dari Bloomsbury International.

Menonton film merupakan salah satu jalan untuk meningkatkan skill bahasa Inggris anda, khususnya kemampuan speaking dan listening. Film-film berbahasa Inggris biasanya dibuat untuk konsumsi native speaker, walaupun tidak menutup kemungkinan bisa juga ditonton oleh orang seluruh dunia. Oleh sebab itu, bahasa Inggris yang ada dalam film adalah bahasa Inggris real life. Bahasa inggris seperti yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa Inggris yang memiliki aksen dan pronunciation original native dengan pemakaian berbagai idiom dan slang.

Menggunakan film sebagai satu-satunya media belajar bahasa Inggris memang tidak dianjurkan bagi anda. Kami pun setuju dengan hal tersebut. Walaupun demikian, orang-orang yang belajar bahasa Inggris sangat disarankan menonton film untuk membantu mereka menambah latihan yang tidak bisa mereka dapatkan kalau belajar di kelas. Selain bisa menolong anda belajar bahasa Inggris, film juga dapat menghibur anda.

Film Seperti Apa Yang Harus Ditonton?

Setelah kita mengetahui bahwa menonton film berguna untuk memudahkan belajar bahasa Inggris kita, hal pertama yang mungkin timbul di pikiran kita adalah film bahasa Inggris yang seperti apa yang cocok buat belajar? Memilih film yang sesuai dengan level bahasa Inggris kita memang tidak mudah. Jika bahasa Inggris anda berada pada level yang rendah, pilihlah film yang pernah anda tonton sebelumnya. Anda juga bisa menonton film yang menggunakan bahasa Inggris yang simple seperti film anak-anak, film kartun Walt Disney dan film-film lainnya. Jika bahasa Inggris anda berada pada level yang lebih tinggi, anda bisa mencoba menonton film yang lebih difficult bahasa Inggris nya.

Mungkin ketika kita menonton film berbahasa Inggris, kita akan tergoda untuk memasang subtitle film tersebut. Sebaiknya gunakan subtitle bahasa Inggris, tidak usah gunakan subtitle bahasa Indonesia. Dengan memakai subtitle bahasa Inggris, kita bisa berlatih reading sekaligus listening. Tetapi jika masih terasa sulit, bolehlah gunakan subtitle bahasa Indonesia karena pada intinya menonton film itu sebagai hiburan. Setidaknya anda tetap bisa berlatih listening dari film tersebut walaupun teksnya bahasa Indonesia.

Kemudian jika ada bagian atau adegan dari film tersebut yang anda rasa sulit, jangan takut mengulang atau me-replay nya. Apabila anda memiliki waktu luang, cobalah tonton film tersebut tanpa subtitle terlebih dahulu beberapa kali. Setelah itu tontonlah lagi dengan memasang subtitlenya. Jika sudah mengerti tonton lagi tanpa subtitle. Tetapi jika semuanya itu anda rasakan sukar, anda boleh memasang subtitle bahasa Indonesia saja sambil melatih listening terlebih dahulu.

Jika anda sedang mengikuti kursus bahasa Inggris, anda mungkin bisa bertanya dan meminta saran dari pengajar anda tentang film berbahasa Inggris seperti apa yang cocok untuk anda tonton. Cara lain adalah dengan mencari informasi di internet tentang rekomendasi film buat belajar bahasa Inggris. Salah satu website yang disarankan adalah www.eslnotes.com. Website tersebut memuat informasi tentang film-film popular termasuk jalan cerita, ringkasan, dan kutipan-kutipan kalimat dari dialog film. Jika anda mengunjungi situs tersebut dan membaca informasi yang ada kemudian anda lanjutkan dengan menonton film, maka anda akan lebih mudah memahami film tersebut.

Film Akan Membangun Kemampuan Bahasa Inggris Anda

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat dibantu oleh film:

  1. Kemampuan listening

listening, menyimak, mendengar

Dengan menonton film, anda akan mendengar bahasa Inggris dalam bentuk yang natural. Beberapa kalimat mungkin anda rasakan terlalu cepat sehingga anda berpikir kalimat tersebut susah dimengerti. Tetapi sisi baiknya adalah anda mendapatkan contoh teladan yang otentik, anda memperoleh pengetahuan bagaimana pengucapan asli suatu kata atau kalimat dalam bahasa Inggris. Selain itu anda juga mendengar berbagai macam bahasa Inggris informal dan slang serta idiom yang mungkin tidak akan anda dapatkan di buku pelajaran.

  1. Kemampuan speaking

speaking, pidato, berbicara

Mendengar dan menyimak bagaimana native speaker berbicara akan memudahkan anda berlatih speaking. Hal ini disebabkan karena anda sudah mendapatkan contoh yang benar berbicara dalam bahasa Inggris. Fluency anda akan meningkat. Anda akan mendengar bagaimana intonasi kalimat dan bagaimana menghubungkan kata demi kata sehingga bunyinya enak didengar.

Untuk mendukung anda berlatih, anda bisa menonton film bersama-sama dengan teman lalu mendiskusikan film tersebut. Bisa juga dengan mencobakan beberapa dialog dalam film itu dengan teman anda. Putarlah film tersebut untuk memeriksa apakah pengucapan anda sudah tepat seperti native speaker.

  1. Pronunciation

berbicara

Kita semua tahu bahwa pronunciation merupakan hal yang sulit. Ketika kita melihat dan membaca sebuah kata dalam bahasa Inggris, kita merasa sulit untuk mengetahui bagaimana cara mengucapkan kata tersebut. Menyimak native speaker berbicara akan membantu anda mengetahui bagaimana sebuah kata diucapkan. Jika anda menonton film dengan subtitle nya, anda juga bisa mengetahui bagaimana kata tersebut ditulis.

  1. Vocabulary

kosakata

Melalui aktivitas menonton film berbahasa Inggris, anda akan mendengar berbagai macam ekspresi, seperti idiom, bahasa kiasan, dan slang. Anda boleh saja mencatat kata-kata yang anda anggap menarik dalam film yang anda tonton untuk kemudian didiskusikan atau dilihat maknanya di kamus.

  1. Praktek bahasa Inggris

bahasa Inggris

Ketika belajar bahasa Inggris di kelas, anda akan mempelajari banyak kosakata dan aturan-aturan kalimat. Akan tetapi anda akan mengalami kesulitan ketika mencobakan hasil belajar itu di dunia nyata. Dengan menonton film, anda akan memperoleh contoh bagaimana berbahasa Inggris, sehingga anda bisa mempraktekkan hasil belajar anda dalam kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan penjelasan di atas kita bisa menarik kesimpulan bahwa menonton film berbahasa Inggris akan membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita. Walaupun memasang teks bahasa Indonesia film tersebut dibolehkan, kami menyarankan anda tidak menggunakan subtitle agar anda lebih meresapi bagaimana bahasa Inggris itu digunakan dalam kehidupan nyata.

Jika anda hobby menonton film, tidak ada salahnya bukan untuk memanfaatkan hobby tersebut untuk belajar bahasa Inggris? Hobby tersalurkan, bahasa Inggris pun makin mantap.

Baiklah brothers and sisters pengunjung allenglish.info. Demikian saja penjelasan tentang cara belajar bahasa Inggris dengan menggunakan film. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Selamat belajar dan tetap semangat. 🙂

Sumber gambar : pixabay.com