Belajar Bahasa Inggris Melalui Lagu

Halo brothers and sisters pengunjung allenglish.info yang budiman. Kali ini kami akan berbagi tips belajar bahasa Inggris lewat lagu. Informasi ini bisa didapatkan dari Bloomsbury International.

Ada berbagai cara yang bisa kita praktekkan untuk menaikkan skill bahasa Inggris. Salah satunya adalah dengan menggunakan lagu. Apakah anda suka mendengarkan lagu? Apakah anda memiliki banyak koleksi lagu? Gunakan saja lagu-lagu tersebut untuk belajar bahasa Inggris.

Ketika anda belajar bahasa Inggris di kelas, guru anda mungkin pernah memutar sebuah lagu, kemudian mendiskusikan beberapa hal terkait lagu tersebut. Anda bisa saja menyangka bahwa kegiatan listening itu adalah semacam permainan dalam belajar bahasa Inggris. Tetapi sesungguhnya kegiatan mendengar lagu tersebut memang efektif untuk mempercepat pengembangan kemampuan bahasa Inggris anda.

Telah banyak penelitian dilakukan terkait belajar dan musik, dan terdapat beberapa temuan. Salah satu hasil penelitian mengatakan bahwa manusia menggunakan bagian otak yang sama untuk bahasa dan musik. Dan sangat wajar bagi orang yang belajar musik juga bisa belajar bahasa dengan baik.

Komunikasi manusia terdiri dari : kata-kata yang diucapkan (bahasa verbal), gerakan tubuh (body language) dan intonasi. Hanya 7 % dari komunikasi manusia melibatkan bahasa verbal, 55 % melibatkan body language dan 38 % nya adalah intonasi, bahagian bahasa yang berhubungan dengan musik.

listening, music, song

Musik Akan Membantu Anda Belajar Bahasa Inggris

Menggunakan musik akan menolong perkembangan skill bahasa Inggris anda. Beberapa area yang berkembang antara lain :

1. Pronunciation

Bernyanyi bersama lagu yang anda dengar akan membantu ketepatan pronunciation anda. Selain itu anda juga akan memahami cara menghubungkan kata sehingga bunyinya enak didengar.

2. Vocabulary

Mendengar lagu akan membantu anda belajar kosakata dengan cepat. Anda juga kan lebih mudah mengingat  dan memahami kata-kata baru dalam bahasa Inggris dibandingkan dengan membaca atau belajar di kelas.

3. Grammar

Mungkin anda beranggapan bahawa grammar harus dipelajari secara terstruktur. Tetapi mendengar musik akan membuat anda memahami grammar dengan mudah. Pola-pola grammar akan lebih mudah diingat dengan listening dan anda akan bisa menggunakan grammar dengan benar dalam percakapan sehari-hari.

Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Lagu

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa anda cobakan untuk belajar bahasa Inggris dengan musik :

1. Pilihlah sebuah lagu yang liriknya bisa anda dengar  dengan jelas. Gunakan lagu yang belum pernah anda dengar sebelumnya.

2. Dengar lagu tersebut dengan mata tertutup dan cobalah mencari tahu tema lagu tersebut. Tentang apa lagu itu? Apakah lagu patah hati? Lagu jatuh cinta? Lagu rindu? atau lagu galau?

3. Dengar lagi dan tulislah kata-kata yang ada dalam lagu itu. Tulis semua kata yang anda dengar,baik kata yanga anda tahu artinya atau tidak.

4. Cari dan temukan liriknya. Gunakan google.

5. Dengar lagi lagu itu dan baca liriknya sambil mendengar. Tebak lagi tema lagunya.

6. Lihat di kamus kata-kata yang tidak anda mengerti. Catat kata-kata itu

7. Dengar beberapa kali lagi sambil membaca liriknya. Kalau anda merasa mampu, ikuti lagu itu. Nyanyikanlah.

8. Simpan lagu itu ke dalam smartphone atau mp3 player anda. Dengarkan ketika dalam perjalanan atau ketika waktu luang. Semakin sering didengar semakin mudah mengingat kosakata dan pola grammarnya.

listening, lagu, musik, nyanyi, hp, ponsel

Anda juga bisa mengingat kosakata baru dengan mengucapkan kata-kata tersebut secara berirama atau melagukannya. Ini akan lebih mudah untuk diingat.

Baiklah brothers and sisters, semoga penjelasan cara belajar bahasa Inggris lewat musik dan lagu ini dapat membantu anda. Selamat belajar. 🙂

Sumber gambar : pixabay.com