Belajar Bahasa Inggris Online

online learningBrothers and sisters pengunjung allenglish.info. Seiring dengan perkembangan zaman, belajar bahasa Inggris bisa dilakukan secara online. Hal ini mempermudah orang-orang yang ingin belajar bahasa Inggris. Teknologi informasi yang digunakan dalam belajar bahasa Inggris membawa keuntungan dan juga kerugian bagi penggunanya.

Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh diantaranya:

  • Meniadakan jarak dan waktu

Belajar bahasa Inggris secara online bisa dilakukan oleh orang-orang yang berjauhan jaraknya sepanjang memiliki akses internet. Disamping itu belajar secara online juga bisa menghemat waktu. Peserta belajar tidak harus hadir di kelas. Cukup online dari rumah masing-masing.

  • Hemat biaya

Biaya transportasi untuk datang ke kelas tentu tidak diperlukan lagi. Demikian juga biaya untuk buku cetak. Kursus online menggunakan ebook dan aplikasi interaktif dalam pembelajaran bahasa Inggris.

  • Dapat diulang dengan mudah

Materi-materi kursus online bisa didownload kemudian dapat diulang sesuai kebutuhan peserta kursus.

Sedangkan kerugiannya adalah:

  • Butuh akses internet

Jaringan internet di Indonesia tidak seluruhnya baik. Kursus bahasa Inggris secara konvensional (bukan online) masih merupakan pilihan utama bagi sebagian orang.

  • Biaya kursus

Seperti halnya kursus biasa, kursus secara online juga membutuhkan biaya. Beberapa berbiaya secara murah. Beberapa bahkan tidak butuh biaya. Kursus online dengan lembaga luar negeri bahkan membebankan biaya yang lebih mahal.

  • Faktor kepercayaan

Dalam menemukan kursus yang terpercaya dirasakan sulit bagi beberapa orang. Apalagi menemukan kursus bahasa Inggris online yang bagus, mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya.

  • Waktu

Beberapa orang yang sudah mendaftar kursus online biasanya sering lupa jadwal kursusnya. Beberapa lagi bahkan kebablasan tidak ikut kursus lagi setelah membayar. Penyebab utama masalah ini biasanya karena faktor kemudahan kursus online yang tidak mengharuskan hadir di kelas. Jadi peserta merasa jadwalnya fleksibel.

  •  Tidak ada tatap muka

Belajar di kelas secara tatap muka masih dirasakan bermanfaat bagi sebagian orang. Kursus online tidak memiliki tatap muka secara langsung. Walaupun belajar bahasa Inggris online bisa bertatap muka melalui video call, tetapi tetap efek yang dirasakan berbeda. Tatap muka di kelas dengan guru terasa lebih mantap.

Kelas online juga tidak memiliki teman diskusi. Meskipun kursus online menyediakan forum untuk bertukar pikiran, tetapi tidak semua orang online secara bersamaan. Jadi dibutuhkan waktu untuk membalas pesan.

Baiklah sobat allenglish.info. Demikian sedikit informasi tentang belajar bahasa Inggris secara online. Semoga bermanfaat. Apabila anda memiliki tanggapan, silahkan sampaikan melalui komentar. 🙂