Belajar Speaking Dengan Meniru

Ini adalah salah satu teknik belajar bahasa yang dapat kita cobakan di rumah tanpa perlu biaya dan persiapan yang banyak. Metode ini melatih kemampuan speaking kita melalui latihan meniru dan mengulang suara yang kita dengar. Cara ini disebut dengan speech shadowing. Shadow berarti bayangan, mungkin maksudnya proses kita meniru dan mengulang suara yang kita dengar diibaratkan seperti bayangan terhadap sebuah benda. Suara yang kita dengar adalah bendanya dan suara kita adalah bayangannya.

Sebagian orang menyebut teknik ini dengan nama language parroting. Parrot adalah burung kakatua. Jadi proses belajar ini diumpamakan seperti burung kakatua yang meniru suara manusia. (Untuk tips belajar speaking lain lihat di sini)

meniru, kakatua, speaking

parrot | pixabay.com

Latih Speaking Anda Dengan Speech Shadowing

Bagaimana cara melakukan teknik language parroting ini? Mari kita simak bersama-sama:

1. Pilih materi listening yang anda suka

Silahkan tentukan materi pilihan anda, bisa video atau audio. Sebaiknya gunakan materi yang ada teks atau subtitlenya. Ingat, subtitle bahasa Inggris ya, bukan subtitle bahasa Indonesia. Kan ceritanya lagi belajar bahasa Inggris. Hehehehe….

Gunakan materi otentik. Pakai audio atau video dengan suara native speaker. Pilih saja materi yang mudah, singkat, dan temanya ringan. Jangan pilih materi dengan topik berat. Jika anda merasa perlu, mulai saja dengan audio aplhabet atau audio yang menyebutkan nomor dan angka.

2. Dengarkan seksama

Simak baik-baik. Dengarkan dengan hati-hati. Satu kali saja sudah cukup. Karena nanti kita akan mendengar lagi sambil menirukan. Disinilah letak pentingnya teknik speech shadowing, kita menirukan berdasarkan apa yang kita dengar.

3. Simak dan Tirukan

Inilah proses belajarnya. Kita menirukan apa yang kita simak. Ulangi setiap kata yang anda dengar. Anda bisa mengulangi dan menirukan beriringan dengan suara yang anda dengar atau bisa juga menirukan setelah suara yang anda simak. Terserah saja.

Yang Harus Diingat Dalam Language Parroting

  • Nikmati saja, jangan langsung ingin sempurna bisa menirukan semuanya
  • Tirukan semua yang anda dengar. Tidak hanya kata-kata saja, nada suara, pelafalan, dan intonasi juga ditiru
  • Materi dengan suara native speaker itu penting. Kita kan mau belajar bahasa Inggris. Jadi tirulah orang yang benar-benar asli berbahasa Inggris
  • Gunakan materi yang anda suka, misalnya video musik yang anda liriknya di youtube, siaran radio dengan teksnya atau audiobook yang dapat diperoleh melalui internet.
  • Latih berkali-kali.

Semoga panduan tentang speech shadowing ini dapat bermanfaat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita. Selamat mencoba. 🙂