Belajar Vocabulary

Hello brother and sisters. Pernahkah anda mengalami kesulitan mengingat vocabulary? Anda sudah menghafal berbagai macam kosakata, tetapi semakin banyak dihafal, semakin banyak yang lupa. Hehehe.. Jadi, bagaimana cara belajar vocabulary yang benar sehingga kita dapat menguasai berbagai macam kosakata dan memakainya dalam percakapan?

kosakata, hafal vocabulary

Ketika belajar bahasa Inggris di sekolah ataupun di kampus, kita biasanya diberikan materi bacaan dan kosakata yang harus diingat. Mungkin ketika belajar di dalam kelas kita bisa mengingatnya, tetapi keesokan harinya atau ketika menghadapi dunia nyata kita tidak bisa lagi menggunakan kata-kata yang sudah kita hafal tersebut.

Dalam masalah seperti ini, allenglish.info berpedoman pada pandangan yang mengatakan bahwa cara paling baik menghafal vocabulary adalah dengan tidak menghafalnya.

The best way to memorise vocabulary is to NOT memorise vocabulary

Tidak menghafal !!!?? Lalu bagaimana caranya agar kosakata itu bisa tinggal di kepala kita dan bisa digunakan sewaktu dibutuhkan? Mari simak uraian berikut.

Tips Menguasai Vocabulary

1. Akrabkan diri dengan bahasa Inggris

Mungkin kita sudah sering mendengar saran seperti ini. Tetapi cara ini adalah yang paling tepat untuk bisa berbicara dalam bahasa Inggris termasuk menguasai vocabularynya. Tontonlah film berbahasa Inggris. Bacalah buku dan tulisan berbahasa Inggris. Dengar dan simaklah audio, percakapan, pidato dalam bahasa Inggris. Semakin terbiasa dengan mendengar dan membaca sesuatu yang berbahasa Inggris, semakin mudah menambah dan menguasai vocabulary.

Sebuah ilustrasi untuk situasi di atas adalah bayangkan anda sedang membaca sebuah buku berbahasa Inggris. Kemudian anda menemukan sebuah kata yang anda belum paham artinya. Mungkin anda akan langsung melihat kamus, mencari tahu makna kata tersebut. Lalu anda melanjutkan membaca, dan bertemu lagi dengan kata yang tadi. Tentu anda tidak melihat kamus lagi untuk mengetahui arti kata tersebut.

Bahkan ketika anda tidak bisa mengingat dengan tepat apa arti kata tadi, kalimat tempat kata tersebut berada akan membantu anda memahaminya. Selanjutnya setelah anda meneruskan membaca buku, mungkin anda akan menemukan berkali-kali kata tersebut dalam berbagai konteks yang berbeda. Hal ini tentu akan membuat anda hafal kata tersebut dan menambah perbendaharaan kosakata anda.

2. Gunakan kosakata tersebut

Biasanya orang yang belajar bahasa Inggris mencatat kata-kata sulit yang mereka temui lalu menuliskan artinya dalam bahasa Indonesia. Nah, sekarang kita harus coba tambahkan aktivitas baru selain mencatat kata-kata sulit dan artinya tersebut, yaitu menggunakannya. Kita bisa menyusun kalimat dari vocabulary tersebut. Kita bisa menggunakannya dalam berlatih percakapan.

Langkah Tepat Mengingat Kosakata

Berikut adalah cara menghafal vocabulary yang disampaikan oleh A.J. Hoge dari EffortlessEnglishClub.com

  • temukan arti kata/pahami makna kata
  • buat suatu gerakan tubuh untuk mengingat kata
  • ucapkan kata tersebut keras keras
  • ulangi proses di atas

Silahkan di simak videonya.

Well, demikianlah informasi tentang cara-cara menghafal kosakata bahasa Inggris. Mudah-mudahan penjelasan dalam artikel ini dapat membantu anda dalam belajar vocabulary. ๐Ÿ™‚

  • Cindy Candida

    terima kasih ilmunya sangat bermanfaat. kalau sy sering pakai aplikasi android ini https://goo.gl/wGr632
    fiturnya bagus. bisa atur alarm pengingat sesuai dengan keinginan sendiri. ada gamesnya juga ๐Ÿ™‚

    • Allenglish Dotinfo

      aplikasi yang bagus, terima kasih sudah berkunjung ๐Ÿ™‚