Cara Efektif Belajar Menulis Dalam Bahasa Inggris

Cara Efektif Belajar Menulis Dalam Bahasa Inggris – Ketika anda belajar bahasa Inggris mungkin anda sering sekali mendengar istilah English macro skill, productive skill dan juga active atau passive voice. Berbeda halnya ketika anda belajar bahasa lain, ketika anda belajar bahasa Inggris dan ingin mahir dalam berbicara bahasa Inggris maka anda dituntut untuk dapat menguasai semua skill dasar dari hal tersebut, baik itu listening, writing, speaking dan juga spelling. Menurut beberapa pelajar yang aktif belajar bahasa Inggris, skill menulis atau writing skill dianggap sebagai bagian pelajaran dari bahasa Inggris yang sangat sulit, sebab berbeda halnya dengan Bahasa Indonesia, ketika anda menulis bahasa Inggris dan salah satu huruf saja dalam penulisannya maka bisa lain lagi artinya.

Secara umum untuk mahir menulis bahasa Inggris maka anda perlu belajar lagi tentang beberapa aturan dasar dari bahasa Inggris, seperti grammar, spelling, dan juga koherensi. Selain itu writing skill menuntut anda untuk menguasai keterampilan berpikir (thinking skill), atas faktor-faktor tersebut maka tak heran jika writing skill jauh lebih sulit dibandingkan dengan listening, reading dan juga speaking. Lalu bagaimanakah cara efektif belajar menulis bahasa Inggris? Jika anda penasaran silahkan simak baik-baik tips-tips kami di bawah ini.

menulis, bahasa inggris

Perbanyak Listening (Mendengarkan) Dan Juga Reading (Membaca)

Cara efektif belajar menulis bahasa Inggris yang pertama ialah dengan memperbanyak Listening dan juga Reading. Sama halnya dengan speaking skill, ketika anda berniat ingin lancar dalam menulis bahasa Inggris maka anda harus memperbanyak listening dan juga reading, sebab dengan listening dan reading, anda dapat belajar banyak tentang english rules (aturan bahasa inggris) baik itu grammar, tenses dan juga dapat meningkatkan kemampuan berfikir anda (thinking skill).

Perbanyak Hafalan Kosa Kata (Vocabulary)

Dalam ilmu tata bahasa Inggris, kosa kata atau lebih popular dengan istilah vocabulary merupakan salah satu faktor penting untuk mahir berbahasa inggris, sebab jika anda tidak memiliki banyak hafalan kosa kata maka besar kemungkinan anda akan kesulitan untuk mahir berbicara ataupun menulis bahasa Inggris. Adapun cara efektif belajar menulis bahasa Inggris salah satunya ialah dengan memperbanyak hafalan kosa kata (vocabulary).

Perbanyak Menulis Bahasa Inggris (writing skill)

Tips cara efektif Untuk mahir menulis bahasa Inggris yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak menulis bahasa Inggris baik itu menulis di Facebook, twitter ataupun buku diary anda. Sebab dengan rajin menulis bahasa Inggris maka cepat atau lambat anda akan mahir dengan sendirinya, hal ini dikarenakan latihan menulis dapat meningkatnya keterampilan berfikir (thinking skill).

Jadikan Kamus Sebagai Sahabat Anda

Ketika anda belajar menulis bahasa Inggris mungkin anda sering mengalami yang namanya kesalahan penulisan (error writing), nah jika anda sering mengalami hal tersebut, maka ada baiknya jika anda mengecek tata penulisan anda lewat kamus apakah tulisan anda sudah benar atau belum. Jika belum benar ada baiknya jika anda terus belajar menulis dan jadikan kamus sebagai sarana bantuan belajar anda.

Tingkatkan Kemampuan Mengeja (Spelling skill)

Jika anda ingin mahir menulis bahasa Inggris, maka anda harus tahu bagaimana cara mengeja kata tersebut dengan benar, sebab spelling skill juga merupakan tata bahasa dasar yang penting dan wajib anda ketahui untuk bisa mahir berbahasa Inggris, selain itu juga ejaan yang salah dapat membuat pembaca salah mengerti dan bingung tentang apa yang anda ucapkan. Oleh sebab itu salah satu cara efektif belajar menulis bahasa Inggris ialah dengan meningkatkan kemampuan mengeja anda (spelling skill). Silahkan dicobakan. Semoga berhasil. 🙂