Format Ujian IELTS

Halo sobat allenglish.info dimana saja anda berada. Pada artikel terdahulu kami sudah memuat apa itu IELTS. Dalam tulisan ini kami akan melanjutkan dengan membahas apa saja yang diujikan dalam tes IELTS.

IELTS merupakan uji kemampuan berbahasa Inggris dalam keahlian reading, listening, writing, dan speaking. IELTS didisain sebagai cerminan penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, sehingga IELTS dipandang tepat untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang.

Untuk bagian listening, reading dan writing dilaksanakan secara berurutan tanpa ada jeda. Sedangkan speaking dilaksanakan setelahnya dan biasanya tetap pada hari yang sama. Total waktu pelaksanaan adalah tiga jam kurang.

Baik dalam IELTS Academic ataupun IELTS General Training sama-sama menguji keahlian reading, listening, writing, dan speaking. Berikut adalah gambaran masing-masing bagiannya:

Listening

Peserta ujian IELTS akan mendengar empat buah teks, monolog, dan percakapan. Peserta diminta menuliskan jawaban atas pertanyaan yang diberikan. Pertanyaan atau soal yang diberikan dapat berupa kemampuan memahami ide utama, informasi yang detail, opini dan sikap speaker dalam percakapan, tujuan percakapan dan kemampuan untuk mengikuti pengembangan arah pembicaraan.

listening, IELTS

Bagian listening ini menggunakan berbagai aksen dan suara dari native speaker yang berbeda-beda. Peserta hanya akan mendengar satu kali saja. Untuk IELTS Academic ataupun IELTS General Training bagian listening ini sama.

Ada empat sesi dalam bagian listening IELTS. Total waktu 30 menit.

Section 1

Sesi 1 berisi percakapan antara dua orang dalam latar kehidupan sehari-hari.

Section 2

Sesi kedua berupa sebuah monolog tentang kehidupan sehari-hari, misalnya sebuah monolog tentang fasilitas publik.

Section 3

Sesi ketiga dalam listening IELTS berisi sebuah percakapan antara beberapa orang dalam situasi kampus atau suasana pendidikan. Contohnya percakapan antara dosen dan beberapa mahasiswa tentang tugas mahasiswa.

Section 4

Sesi terakhir dalam listening IELTS ini merupakan sebuah monolog dalam masalah akademik, seperti pemaparan materi perkuliahan oleh seorang dosen.

(lihat juga tips belajar listening di sini)

Reading

Total waktu untuk bagian reading adalah 60 menit. Ada 40 pertanyaan dalam reading IELTS. Pertanyaan dalam reading dapat berupa memahami ide utama, memahami keterangan detail, skimming, memahami argumen logis, serta memahami maksud dan tujuan penulis.

Untuk IELTS Academic, bagian readingnya memuat 3 teks panjang, mulai dari teks deskriptif hingga faktual dan analitikal. Teks-teks tersebut merupakan teks otentik yang diambil dari buku, jurnal, majalah dan surat kabar. Bahan bacaan tersebut sudah diseleksi sedemikian rupa sehingga cocok bagi calon mahasiswa atau orang yang ingin mendaftar pelatihan profesional.

reading, IELTS

Sedangkan untuk IELTS General Training, peserta diminta untuk mengekstrak informasi dari buku, surat kabar, pengumuman, iklan, panduan perusahaan dan sejenisnya. Materi bacaan tersebut merupakan materi yang cenderung ditemui dalam lingkungan berbahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Writing

Writing untuk IELTS Academic terdiri dari dua tugas. Topik yang diberikan merupakan topik yang sesuai bagi calon mahasiswa.

Tugas 1

Dalam tugas 1, peserta akan diberikan sebuah grafik, tabel, atau diagram. Selanjutnya peserta diminta untuk menjelaskan dan mendeskripsikan informasi dalam grafik tersebut dengan kalimat sendiri. Peserta mungkin diminta menjelaskan data, tahap proses, atau peristiwa dalam diagram tersebut.

Tugas 2

Dalam tugas 2, peserta diminta menulis sebuah essay berupa respon, argumen atau opini terhadap sebuah topik. Tentu saja writing harus dikerjakan menggunakan bahasa yang formal.

writing, IELTS

Writing untuk IELTS General Training juga terdiri dari dua buah tugas. Topik-topiknya merupakan topik umum.

Tugas 1

Dalam tugas 1, peserta akan diberikan sebuah situasi dan diminta menuliskan sebuah surat untuk meminta informasi atau menjelaskan situasi. Surat yang harus ditulis bisa dalam bahasa yang formal atau semi formal dan personal.

Tugas 2

Tugas 2 ini mirip dengan tugas 2 IELTS Academic, tetapi respon yang dituliskan peserta lebih personal dibandingkan Academic Writing pada IELTS Academic.

Total waktu untuk mengerjakan writing adalah 60 menit.

Speaking

Bagian speaking ini mengujikan penggunaan spoken English peserta IELTS. Biasanya waktu yang diberkan sekitar 11-14 menit. Ada tiga sesi dalam bagian speaking IELTS ini, setiap sesinya direkan. Speaking untuk IELTS Academic dan IELTS General Training adalah sama.

speaking IELTS

Sesi 1

Pada sesi 1, peserta diminta untuk menjawab pertanyaan umum tentang diri mereka, keluarga, pekerjaan, pendidikan, dan hobby. Sesi 1 berlangsung selama 4-5 menit

Sesi 2

Pada sesi 2 ini peserta diberikan sebuah kartu yang berisi topik tertentu. Peserta diberikan waktu 1 menit untuk mempersiapkan diri dan waktu untuk membicarakan topik tersebut 2 menit. Peserta akan ditanya satu atau dua pertanyaan terkait topik tersebut.

Sesi 3

Pada sesi 3, peserta akan ditanya pertanyaan lanjutan tentang topik pada sesi 2. Pertanyannya akan memungkinkan peserta untuk mengeksplorasi isu-isu dan ide-ide terkait topik tersebut. Sesi 3 berlangsung selama 4-5 menit.

Pembaca yang terhormat. Demikianlah informasi tentang ujian IELTS. Semoga dapat membantu dalam persiapan menghadapi IELTS. Jika ada pertanyaan dan saran, silahkan tinggalkan melalui komentar. 🙂

Sumber gambar : pixabay.com