Ingin Bisa Menulis Dalam Bahasa Inggris? Ini Tipsnya

Pembaca yang terhormat. Apakah Anda ingin bisa menulis dalam Bahasa Inggris? Kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris akan sangat membantu dalam berbagai hal seperti; pekerjaan, kuliah, atau sekedar hobby. Dalam tulisan ini kami sajikan beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk bisa menulis dalam Bahasa Inggris.

Tips Menulis Dalam Bahasa Inggris:

menulis bahasa inggris, tulis, tulisan, menulis, catat, mencatat

writing | Public Domain by StockSnap | pixabay.com

1. Baca Materi Yang Informatif

Biasakan membaca. Tentu saja bacaan berbahasa Inggris. ^_^. Bacalah apa saja yang menurut Anda bermanfaat. Baca majalah, koran, blog, ensiklopedia, jurnal, makalah dan lain-lain. Tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan kemampuan dan pengetahuan Anda tentang penyusunan kalimat dan strukturnya. Makin banyak Anda membaca, makin cepat Anda akan memahami komposisi kalimat. Tandai kata-kata, frasa dan kalimat yang menurut Anda sulit, dan temukan maknanya di kamus atau buku grammar.

2. Kembangkan Vocabulary Anda

Buatlah daftar kosakata ketika Anda membaca. Tulis kata-kata, frasa, istilah, atau kalimat yang kurang Anda pahami. Carilah penjelasan istilah dan kata sulit tersebut di dalam kamus. Dengan membuat daftar kata-kata sulit ini akan membantu Anda dalam memahami bacaan dan dalam writing nantinya. Anda akan bisa menggunakan kata-kata tersebut ketika menulis dalam Bahasa Inggris.

3. Kuasai Dulu Kemampuan Speaking

Untuk bisa menulis Bahasa Inggris dengan lancar, seseorang harus bisa dulu berbicara dalam Bahasa Inggris. Latihlah kemampuan speaking dengan berbicara pada teman, keluarga, atau chatting dengan native speaker secara online. Lebih bagus lagi bisa berbicara langsung dengan native speaker. Dengan begini, kalimat-kalimat dalam Bahasa Inggris yang Anda gunakan akan lebih terbangun. Nantinya kemampuan Anda menyusun kalimat dalam menulis akan meningkat

4. Interaksi Dengan Komunitas Online

Membangun blog sebagai tempat berbagi pendapat, sudut pandang dan saran tentang berbagai topik akan membantu meningkatkan kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris. Selain itu, blog juga menolong anda dalam berkomunikasi dengan pembaca dari berbagai latar belakang dari seluruh penjuru dunia. Kemudian membuat blog juga akan meningkatkan kesempatan berinteraksi dengan penulis lainnya yang bisa saja membantu Anda atau siapa tahu Anda bertemu dengan native speaker lewat blog Anda.

5. Tulis Ulang

Menulis pada intinya adalah tidak bisa sekali jadi. Boleh dikatakan tidak ada tulisan yang langsung bagus begitu saja. Menulis ada tahap-tahapnya. Setelah mengumpulkan ide dan mencari referensi, Anda akan menghasilkan draft. Kemudian draft tersebut diperbaiki sampai menjadi tulisan yang bagus. Sediakan buku panduan gramar dan tata tulis ketika Anda mengedit tulisan. Dengan begini akan lebih menghemat waktu dalam menghasilkan tulisan yang berkualitas.

6. Cari Feedback

Carilah orang yang bisa mengomentari tulisan Anda. Minta pendapat mereka tentang susunan kalimat Anda, tata bahasa atau penggunaan kata dan istilah yang mungkin tidak tepat. Lebih bagus lagi jika Anda bisa mendapatkan feedback dari seorang native speaker.

7. Terima Kritikan

Ketika diberi saran dan kritikan, apalagi oleh orang yang ahli dan berkompeten, Anda harus menerimanya dengan terbuka. Perbaikilah tulisan sesuai dengan saran yang Anda terima. Dengan menerima saran dan memperbaiki kesalahan tentu tulisan Anda jadi lebih bagus dan pada tulisan berikutnya tentu Anda tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Pada akhirnya kemampuan Bahasa Inggris Anda jadi meningkat.

Pembaca yang baik hati, begitulah sekelumit informasi tentang tips menulis dalam Bahasa Inggris. Tips-tips di atas tentu tidak akan berguna jika tidak dicobakan. Semoga ada manfaatnya. Selamat berlatih menulis. 🙂