Inilah 10 Alasan Menarik Untuk Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris sering disebut-sebut sebagai bahasa yang bisa membuka kesempatan. Apakah anda setuju dengan pernyataan tersebut? Berikut adalah 10 (sepuluh) alasan menarik tentang perlunya belajar Bahasa Inggris. Silahkan disimak tulisan berikut yang kami sadur dari oxford-royale.co.uk

Apabila saat ini Anda sedang mengalami kebimbangan tentang bahasa asing apa yang harus dipelajari, atau dengan kata lain mungkin Anda sedang galau memilih kegiatan untuk mengisi waktu luang Anda, tidak usah pikir panjang. Jangan tunggu lama-lama. Kami yakin bahwa hampir sebagian besar orang akan menyarankan : Belajar Bahasa Inggris saja !

Kenapa bisa begitu ? Berikut adalah alasannya :

1. Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan

Walaupun Bahasa Inggris berada di urutan kedua setelah Bahasa Mandarin dalam hal jumlah penutur, bahasa Inggris tetap merupakan bahasa yang paling banyak dipakai. Bahasa Inggris digunakan di berbagai negara sebagai bahasa asing, bahasa pengantar Internasional dan bahasa kedua setelah bahasa nasional mereka. Dengan demikian, Bahasa Inggris merupakan bahasa yang akan sangat bermanfaat bagi Anda mengingat begitu besar jumlah orang yang bisa berbicara Bahasa Inggris di dunia ini.

Lebih kurang sebanyak 60 (enam puluh) negara di dunia ini menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi mereka. Amerika Serikat, Australia, Kanada, Selandia Baru adalah beberapa diantaranya. Bahasa Inggris adalah bahasa diplomasi dan bahasa resmi berbagai organisasi internasional seperti; Uni Eropa, PBB, NATO, OPEC dan organisasi-organisasi lainnya. Kemudian, Bahasa Inggris juga merupakan bahasa kedua di sejumlah negara seperti; Norwegia, Swedia, Denmark, Jerman dan Belanda. Jika dijumlahkan, sekitar 1,5 (satu setengah) milyar orang berbicara Bahasa Inggris di seluruh dunia, dan sejumlah besar lainnya sedang dalam proses belajar Bahasa Inggris.

2. Bahasa Inggris akan membuka lebih banyak kesempatan untuk Anda

bahasa inggris, kesempatan, english

Image courtesy of satit_srihin at FreeDigitalPhotos.net

Bisa berbahasa Inggris memungkinkan  Anda untuk berkomunikasi secara efektif dengan banyak orang di berbagai negara. Ini juga membuka banyak kesempatan untuk Anda bekerja di negara-negara tersebut atau hanya sekedar sebagai turis saja. Anda tidak perlu takut tersesat ketika berwisata ke sana karena petunjuk-petunjuk bagi turis disediakan dalam Bahasa Inggris. Anda bisa leluasa memesan taksi, memesan makanan di restoran atau bercakap-cakap dengan warga lokal jika Anda bisa berbahasa Inggris.

Lebih lanjut, jika Anda berkarir di bidang yang melibatkan banyak perjalanan dan pertemuan internasional seperti penerbangan, pertambangan, pariwisata dan film, kemampuan Bahasa Inggris sangat dibutuhkan bahkan merupakan kewajiban. Banyak penyedia lowongan kerja mensyaratkan bukti kemampuan Bahasa Inggris seseorang sebelum menerimanya sebagai calon karyawan. Dengan demikian, jika Anda bisa berbahasa Inggris maka Anda akan memiliki lebih banyak peluang untuk memilih karir setelah selesai menempuh perkuliahan.

3. Bahasa Inggris akan membuat Anda lebih diinginkan oleh pemberi kerja

Lancar berkomunikasi dalam bahasa asing menunjukkan bahwa Anda memiliki kemampuan intelegensi yang kuat dan mencerminkan Anda sebagai seseorang yang telah melalui perjuangan berat untuk menguasai sesuatu yang berguna. Apapun bahasa asing lain yang Anda kuasai, menambahkan keterangan bisa berbahasa Inggris dalam CV Anda akan sangat berguna. Selain itu Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat bermanfaat untuk mempelajari hal lain karena begitu banyak negara yang menggunakan Bahasa Inggris. Kemudian Anda juga akan memiliki posisi yang lebih kuat untuk melamar pekerjaan di luar negeri jika Anda memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang sangat baik.

Bahasa Inggris dijuluki sebagai “bahasa bisnis“, hal itu sudah diketahui secara umum. Apabila Anda memiliki keinginan untuk menjadi pengusaha internasional, tentu saja Anda harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Kegiatan-kegiatan bisnis yang dilakukan secara internasional tentu saja lebih sering menggunakan Bahasa Inggris. Meskipun Anda tidak berencana untuk tinggal atau bekerja di luar negeri, kemampuan Bahasa Inggris akan sangat bermanfaat dalam pekerjaan dan bisnis Anda.

Apabila Anda berencana bekerja diperusahaan milik asing tentu saja kemampuan bahasa Inggris mutlak diperlukan. Komunikasi dalam Bahasa Inggris akan berlangsung dalam perusahaan tersebut dan dengan perusahaan lain mitra kerja mereka.  Berikut ini adalah beberapa ilustrasi manfaat Bahasa Inggris di dunia kerja :

  • Pertemuan bisnis – bisa berbahasa Inggris membuat Anda kompeten untuk menghadiri pertemuan bisnis internasional. Sebagaimana kita ketahui acara-acara internasional dilaksanakan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Jika Anda memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang lebih baik dari teman kerja Anda yang lain, maka besar kemungkinan pimpinan Anda akan lebih sering menugaskan Anda untuk menghadiri pertemuan bisnis tersebut.
  • Layanan pelanggan dan penjualan – Dengan kemampuan Bahasa Inggris Anda akan dapat melayani pelanggan internasional. Hal ini memberi Anda kesempatan untuk membangun hubungan dengan pelanggan di luar negeri, dan kemampuan untuk membangun hubungan adalah keterampilan bisnis yang penting. Tentu saja Anda akan terlihat lebih berharga di mata pimpinan Anda.
  • Pemasaran dan komunikasi – Memiliki skill bahasa Inggris akan membuat Anda mampu memasarkan produk perusahaan Anda ke negara lain. Anda juga bisa menerbitkan press relase ke negara berbahasa Inggris lainnya. Selain itu Anda juga akan bisa menerjemahkan materi pemasaran produk Anda ke negara tujuan. Kemudian Anda juga dapat menggali ide-ide pemasaran berdasarkan minat konsumen sehingga hal tersebut akan menguntungkan bagi pekerjaan Anda.

4. Bahasa Inggris memberikan Anda akses ke beberapa universitas terbaik dunia

kampus, S2, S3, TOEFL, IELTS, college, English

Image courtesy of digitalart at FreeDigitalPhotos.net

Bahasa Inggris secara luas dikenal sebagai bahasa pengantar dalam perguruan tinggi. Kampus-kampus terkenal dunia menggunakan Bahasa Inggris seperti; Oxford University, Cambridge University, Harvard, MIT, UCLA Berkeley, King’s Collge London, University of Edinburgh, University of Melbourne dan lain-lain. Untuk bisa belajar di kampus top dunia tentu saja harus memiliki skill Bahasa Inggris.

Jika Anda berhasil lulus dari kampus besar dunia tentu saja Anda akan memiliki peluang karir yang lebih besar. Perlu diketahui juga sekarang ini kampus dalam negeri pun sudah mensyaratkan kemampuan Bahasa Inggris dalam proses penerimaan mahasiswa baru.

5. Bahasa Inggris adalah bahasa beberapa karya sastra terbesar di dunia

Mampu berbahasa Inggris akan memudahkan Anda menikmati karya-karya sastra terkenal di dunia. Anda akan bisa membaca dan menyelami isi pikiran penulis-penulis besar seperti; JK Rowling, Sydney Sheldon, John Grisham, Shakespeare, dan lain sebagainya. Memang benar karya-karya tersebut sudah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia. Akan tetapi, menikmati sebuah tulisan dalam bahasa aslinya jauh lebih baik karena terjemahan tidaklah sempurna.

6. Bahasa Inggris mengenalkan Anda ke budaya populer

film, bahasa inggris, budaya, speaking, listening

Image courtesy of photostock at FreeDigitalPhotos.net

Film-film terkenal dan terlaris di dunia dibuat di Hollywood, dan tentu saja film tersebut dalam Bahasa Inggris. Lagu-lagu populer juga banyak dinyanyikan dalam Bahasa Inggris. Begitu juga buku-buku cerita, novel dan media massa.

Jika mengalami kesulitan menonton film Hollywood, atau sulit mencerna lirik lagu pop kesukaan Anda, segeralah belajar Bahasa Inggris dan nikmatilah pengalaman baru dalam Bahasa Inggris.

7. Bahasa Inggris memungkinkan Anda untuk menghadiri konferensi dan acara internasional

Acara olahraga besar seperti Olimpiade diadakan dalam Bahasa Inggris, dan begitu juga konferensi internasional, sehingga peserta dan utusan perlu memiliki kemampuan Bahasa Inggris. Mungkin saja Anda suatu saat ditugaskan oleh perusahaan Anda untuk menghadiri pertemuan bisnis internasional, kalau Anda sudah bisa berbicara dalam Bahasa Inggris tentu hal tersebut menyenangkan buat Anda.

Dalam acara internasional Anda akan berkomunikasi dengan orang lain, Anda akan mendapat teman baru, atau bahkan pelanggan baru bagi perusahaan Anda. Dengan berpartisipasi di acara internasional, pengalaman Anda akan bertambah dan kredibilitas Anda akan meningkat.

8. Bahasa Inggris memiliki alfabet sederhana

bahasa inggris, huruf, ABC, alfabet, speaking, baca, tulis

Image courtesy of sippakorn at FreeDigitalPhotos.net

Huruf-huruf dalam Bahasa Inggris sama dengan huruf dalam Bahasa Indonesia. Jadi ini akan memudahkan kita orang Indonesia untuk belajar Bahasa Inggris. Tidak seperti Bahasa Mandarin atau Jepang yang menggunakan huruf kanji atau Bahasa Rusia yang memakai huruf yang sulit dibaca, Bahasa Inggris lebih gampang bagi penduduk Indonesia.

9. Bahasa Inggris memberikan jalan yang lebih luas terhadap pengetahuan

Tahukah Anda bahwa hampir sebagian website di internet berbahasa Inggris? Dengan bisa berbahasa Inggris akan membuka peluang baru terhadap pengetahuan-pengetahuan yang bisa diakses melalui internet.

Disamping itu, Bahasa Inggris juga merupakan bahasa ilmu pengetahuan. Jika Anda bisa berbahasa Inggris, Anda akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pengetahuan-pengatahuan dari seluruh dunia. Kemudian Anda juga akan lebih berkompeten dalam bidang akademik karena sebagain besar referensi ilmiah ditulis dalam Bahasa Inggris.

10. Bahasa Inggris merupakan sebuah tantangan intelektual!

baca, tulis, bahasa inggris

Image courtesy of Michelle Meiklejohn at FreeDigitalPhotos.net

Butuh tantangan? Belajar Bahasa Inggris aja !

Bahasa Inggris sering dianggap sulit. Pengucapan yang susah, cara baca yang aneh dan aturan grammar yang rumit. Untuk bisa mahir Bahasa Inggris, dibutuhkan kegigihan dan ketekunan yang luar biasa. Jika Anda menginginkan tantangan baru, cobalah belajar Bahasa Inggris. Anda akan mendapatkan pengalaman baru, menambah skill yang berguna, bertemu orang-orang baru dan meningkatkan rasa percaya diri.

Demikianlah informasi tentang sepuluh alasan mengapa harus belajar Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat. 🙂