Inilah 5 Tips Sederhana Untuk Meningkatkan Speaking

Bisa berbicara dalam bahasa Inggris menjadi tujuan utama seseorang yang belajar bahasa Inggris. Speaking menjadi indikator bagus atau tidaknya bahasa Inggris seseorang. Berbagai macam cara dilakukan untuk meningkatkan kemampuan speaking. Ada juga yang sudah belajar bertahun-tahun tetapi kemampuan speakingnya masih tidak lancar.tips speaking

Berikut ini adalah 5 tips sederhana yang berguna untuk meningkatkan kemampuan speaking anda, seperti yang diungkapkan oleh Daniel Chakraborty di hubpages.com dalam  Speaking English Fluently – 5 Simple Tips to Consider

1. Tidak ada yang sempurna.

Manusia pasti membuat salah. Kesalahan itu normal dan wajar. Belajar bahasa termasuk bahasa Inggris, mirip dengan belajar naik sepeda. Setiap orang pasti mengalami jatuh dan tidak langsung bisa mengendarai sepeda. Bahkan native speaker pun masih membuat kesalahan dalam speaking. Dengan menyadari hal ini, akan membantu kita untuk tidak perlu merasa takut atau segan lagi dalam speaking.

2. Baca, tonton berita dan berinteraksi dengan orang yang bahasa Inggrisnya bagus.

Baca apa saja, majalah, koran, buku, novel, cerita pendek, brosur, jurnal dan lain sebagainya Reading akan meningkatkan vocabulary dan  pemahaman susunan kalimat. Sementara itu nonton berita akan membantu anda memahami pronounciation yang benar. Kemudian bergaul, berinteraksi, dan bercakap-cakap dengan orang yang bahasa Inggrisnya lebih bagus akan membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita.

3. Kurangi penggunaan bahasa lain

Salah satu alasan lambatnya perkembangan kemampuan bahasa Inggris seseorang adalah penggunaan bahasa lain selain bahasa Inggris. Ketika kita menghentikan pemakaian bahasa lain maka kesempatan untuk berbahasa Inggris akan bertambah. Penghentian pemakaian bahasa lain hanyalah untuk sementara saja agar mempercepat peningkatan kemampuan speaking anda. Ingatlah, bahasa Inggris adalah skill, semakin sering dilatih semakin baik.

4. Gunakan kamus

Penggunaan kamus merupakan hal yang penting. Kamus akan meningkatkan penguasaaan vocabulary kita. Selain kamus berbentuk buku kita juga bisa memanfaatkan kamus online di internet. Kamus online ada suaranya. Jadi selain bisa memeriksa arti suatu kata, kita juga bisa mendengar bagaimana bunyi kata tersebut diucapkan.

5. Games

Kadang-kadang belajar bahasa Inggris di kelas mendatangkan rasa jenuh. Bermain games dalam belajar bahasa Inggris bisa mengatasi rasa bosan. Ada banyak macam permainan yang bisa dicoba. Salah satunya adalah scrabble. Games seperti scrabble membantu meningkatkan pemahaman kosa kata anda. (Lihat juga Tips Belajar Speaking Di sini)

Baiklah sobat allenglish.info. Demikian tips-tips sederhana untuk meningkatkan kemampuan speaking anda. Apakah anda memiliki tips lain untuk ditambahkan ? Silahkan bagikan melalui komentar. 🙂

  • It’s a Good article …but i think you’d better to make a full English edition …good luck