Negara Berbahasa Inggris : Amerika Serikat

United States

Hello brothers and sisters pengunjung allenglish.info. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas salah satu negara berbahasa Inggris di dunia yaitu negara Inggris itu sendiri. Selanjutnya pada artikel ini kami dari tim allenglish.info akan berbagi sedikit informasi tentang negara berbahasa Inggris lain yaitu Amerika Serikat. (Lihat juga artikel tentang Australia di sini)

Amerika Serikat bernama resmi United States of America atau kadang disebut sebagai United States saja. Amerika Serikat biasa disingkat AS, kadang-kadang oleh orang Indonesia disebut juga Amrik, merupakan sebuah negara yang terletak di benua Amerika bagian utara berbatasan dengan Kanada dan Meksiko. Negara ini berbentuk federasi yang terdiri atas lima puluh negara-negara bagian yang lebih kecil.

Negara ini merupakan negara multietnis. Penduduk mayoritasnya adalah orang kulit putih keturunan Eropa. Kemudian disusul oleh orang Afrika-Amerika (kulit hitam Amerika), orang-orang keturunan Hispanik, orang dari Asia, dan Indian. Banyak imigran dari seluruh penjuru dunia termasuk warga Indonesia mengadu nasib di Amerika. Mereka datang secara legal dan ilegal, berharap Amerika bisa mengubah nasib mereka.

Dahulunya Amerika Serikat merupakan daerah koloni Inggris, kemudian memerdekakan diri dan berkembang sebagai salah satu negara terkuat di dunia. Negeri ini memiliki perekonomian, teknologi dan industri yang maju. Negara ini sering dijuluki sebagai polisi dunia karena perannya dalam urusan keamanan dunia. Selain itu mata uangnya, dollar, dijadikan sebagai patokan nilai tukar perekonomian dunia.

Saat ini Amerika Serikat dipimpin oleh Barrack Obama, seorang presiden keturunan kulit hitam. Hal ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah negara tersebut seorang keturunan kulit hitam menjadi presiden. Presiden Obama juga memiliki semacam ikatan dengan Indonesia karena pernah tinggal dan bersekolah di Indonesia.

Ibukota AS adalah Washington DC. Kota-kota lain yang terkenal adalah : New York, Miami, Los Angeles, Las Vegas, San Fransisco, Chicago, Philadelphia, Atlanta, Boston, Detroit, dan Seattle.

liberty statue, new yorkIkon yang terkenal dari Amerika tentu saja adalah patung liberty. Rasanya tidak sah seseorang berkunjung ke Amerika tanpa berfoto di dekat patung liberty. Selain itu, hal yang terkenal lainnya adalah Hollywood, sebuah distrik di Los Angeles yang dijuluki sebagai pusat perfilman dunia.

Amerika juga melahirkan ilmuwan, olahragawan, seniman, penulis ternama di dunia. Beberapa diantaranya adalah :

  • Alexander G. Bell, penemu telepon.
  • Thomas A. Edison penemu bola lampu.
  • Benjamin Franklin, seorang ilmuwan dan presiden Amerika Serikat
  • Muhammad Ali, petinju.
  • Neil Armstrong, astronot.
  • dan masih banyak lagi.

Sobat allenglish.info. Demikianlah sedikit informasi tentang Amerika Serikat. Semoga bermanfaat. Apabila anda memiliki saran, mari bagikan melalui komentar. 🙂

Sumber gambar : pixabay.com