Negara Berbahasa Inggris : Australia

australiaHello brothers and sisters pengunjung allenglish.info yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik. Pada artikel sebelumnya kita sudah menceritakan negara-negara yang berbahasa Inggris yaitu Inggris dan Amerika Serikat. Pada tulisan ini kami dari tim allenglish.info akan melanjutkan berbagi informasi tentang negara berbahasa Inggris lainnya yaitu Australia.

Australia, sering dijuluki negeri kangguru, terletak di sebelah selatan Indonesia, dekat kepulauan Papua. Australia merupakan sebuah negara dengan daratan yang luas sekaligus sebuah benua terkecil. Negara ini tergabung kedalam Commonwealth of Nations, suatu gabungan negara-negara yang pernah dijajah atau didirikan oleh Inggris.

Pada awalnya Australia merupakan daerah yang dihuni oleh suku Aborigin. Kemudian penjelajah Inggris datang dan menjadikan Australia sebagai daerah penjara. Selanjutnya setelah ditemukan kandungan emas, banyak orang berdatangan ke negeri ini. Australia berkembang menjadi koloni Inggris dan membentuk sebuah negara baru.

Sebagai negeri yang bersebelahan dengan Indonesia, Australia menarik minat warga Indonesia untuk bekerja dan bersekolah di Australia. Faktor lokasi yang dekat dengan Indonesia membuat warga Indonesia tertarik datang ke Australia. Saat ini banyak orang Indonesia dan imigran asal negara lain yang hidup di Australia.

Sebagai negeri tetangga Indonesia, Australia memberikan perhatian khusus kepada Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari berbagai kerjasama antara pemerintah Australia dan pemerintah Indonesia. Misalnya penggunaan bahasa Indonesia di Australia. Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran wajib di beberapa sekolah di Australia.

australiaAustralia merupakan negeri yang indah dengan ibukotanya Canberra. Banyak orang menyangka ibukota Australia adalah Sydney. Hal ini mungkin terjadi karena Sydney sebagai kota terbesar lebih terkenal daripada kota-kota lain di Australia.  Salah satu ikon Australia yang terkenal ke seluruh dunia adalah gedung Opera House di Sydney.

Wilayah Australia terbagi atas :

  • Western Australia, ibukotanya Perth.
  • Northern Territory, ibukotanya Darwin.
  • South Australia, ibukotanya Adelaide.
  • Queensland, ibukotanya Brisbane.
  • New South Wales, ibukotanya Sydney.
  • Victoria, ibukotanya Melbourne.
  • Canberra / Australian Capital Territory.
  • Tasmania, ibukotanya Hobart.

Yang menarik dari kota-kota di Australia adalah empat dari sepuluh kota dalam daftar the most liveable cities in the world yang diterbitkan oleh The Economist Intelligence Unit adalah kota-kota di Australia. Kota-kota tersebut yaitu; Melbourne pada urutan pertama, Adelaide pada urutan ke lima, Sydney pada urutan ke tujuh, dan Perth pada urutan ke sembilan.

Sobat allenglish.info yang baik hati. Demikian sedikit informasi tentang Australia. Semoga bermanfaat. Jika anda memiliki saran dan tanggapan, silahkan sampaikan melalui komentar. 🙂

 

Sumber gambar : pixabay.com