Orang Indonesia Lebih Fasih Berbahasa Inggris?

Bahasa Inggris bagi orang Indonesia bukanlah sebuah hal yang asing lagi. Kita sudah belajar bahasa Inggris sejak tingkat sekolah menengah pertama. Sebagian orang bahkan sudah belajar sejak masih balita.

indonesiaMencermati fakta di atas, allenglish.info tertarik berbagi pengetahuan tentang bagaimanakah kefasihan bahasa Inggris orang Indonesia jika dibandingkan dengan bahasa inggris orang dari negara lain? Apakah bahasa Inggris kita lebih lancar dari bahasa Inggrisnya penduduk negara lain?

Sebuah artikel Reader’s Digest Indonesia edisi Maret 2015 menceritakan sebuah penelitian tentang tingkat kecakapan berbahasa Inggris negara-negara di dunia. Penelitian tersebut diselenggarakan oleh lembaga pendidikan bahasa Inggris English First. Penelitian ini menyatakan pada tahun 2014 indeks kefasihan berbahasa inggris orang Indonesia berada pada urutan ke 28 (dua puluh delapan) dari 65 (enam puluh lima) negara yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris atau non English speaking countries. Indonesia disejajarkan dengan negara-negara seperti Ceko, Spanyol, Perancis, Korea Selatan , Jepang, Italia dan India.

Cukup bangga juga kita rasanya disejajarkan dengan negara-negara tersebut. Kemudian hasil penelitian itu menyatakan, jika Indonesia dibandingkan dengan negara-negara di Asia, Indonesia berada pada urutan ke enam, lebih tinggi dari Hong Kong, Vietnam dan Tiongkok.

Riset tersebut juga mengemukakan bahwa penduduk Indonesia yang tinggal di wilayah perkotaan lebih lancar berbahasa Inggris. Dari penelitian tersebut terlihat bahwa ternyata bangsa kita tidak kalah dibandingkan dengan bangsa lain dalam urusan berbicara bahasa Inggris. Bahkan kita berada dalam urutan enam besar jika dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya.

Penelitian tersebut memberikan asumsi-asumsi bagi kita. Pertama, kita tidak usah takut dan malu lagi dalam berlatih bahasa Inggris. Karena kita orang Indonesia dianugerahi kemampuan untuk belajar bahasa yang lebih baik dari penduduk negara lain.

Kedua, sepertinya bangsa Indonesia cukup bisa bersaing dengan bangsa lain, dalam hal ini bersaing dalam masalah penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi internasional. Kita tentu tidak berpuas diri saja. Sebisa mungkin kita harus meningkatkan prestasi bangsa Indonesia.

Terkait dengan posisi bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, bangsa Indonesia memiliki potensi. Kemampuan berkomunikasi dalam dunia internasional tentu saja akan memberikan keuntungan bagi Indonesia. Perpindahan dan pertukaran teknologi, promosi kebudayaan, percepatan pembangunan ekonomi dan bahkan mempopulerkan bahasa Indonesia ke dunia akan menjadi lebih mudah.

Sobat allenglish.info. Menurut anda, adakah pelajaran lain yang bisa diambil dari hasil penelitian di atas? Apakah anda setuju orang Indonesia lebih bagus bahasa Inggrisnya dibandingkan dengan orang Vietnam dan orang Hong Kong? Silahkan sampaikan tanggapan anda melalui komentar. 🙂

Sumber gambar : pixabay.com