Pengertian Dan Contoh Absolute Phrase Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Dan Contoh Absolute Phrase Dalam Bahasa Inggris – Fungsi absolute phrase dalam bahasa Inggris umumnya digunakan dalam karya sastra dan juga sering digunakan oleh content writter (penulis artikel) dalam membuat suatu kalimat agar menjadi lebih indah dan menarik. Ketika anda membuat sebuah kalimat bahasa Inggris tanpa menggunakan teknik absolute phrase maka besar kemungkinan tulisan anda akan terasa kaku dan terlihat monoton. Oleh sebab itu banyak penyair atau penulis buku bahasa Inggris menyarankan agar menggunakan absolute phrase ketika membuat sebuah kalimat bahasa Inggris. Jika anda pernah membaca buku Harry Potter (english version) karya J.K. Rowling dan memahami isinya mungkin anda akan terkagum-kagum dengan setiap kata yang terdapat dalam buku tersebut. Jadi apa itu absolute phrase? Silahkan simak penjelasan kami berikut ini.

absolute phrase, contoh absolute phrase

  • Pengertian Absolute Phrase

Absolute phrase merupakan sebuah frase atau sekelompok kata kerja yang memiliki fungsi memberikan tambahan penjelasan (adverb) tentang sebuah kalimat dan juga ikut serta dalam meningkatkan kualitas dalam kalimat tersebut. Absolute phrases umumnya terdiri dari noun (kata kerja) dan kata penjelasan (adverb) lainnya yang berfungsi untuk menjelaskan kata benda (noun) itu. Absolute phrase dipakai sebagai pilihan, yang jika kita menghilangkan absolute phrase dalam kalimat tersebut maka kalimat tersebut akan monoton dan terdengar kaku, meskipun dalam tata bahasa Inggris hal tersebut tidak masalah.

  • Contoh Absolute Phrase :

 Kalimat Utama

  • Professor Hill warned the class about the penalties of plagiarism.

Kalimat yang Diubah Menggunakan absolute phrase:

  • Her arms folded across her chest, Professor Hill warned the class about the penalties of plagiarism

Kalimat Utama

  • We devoured Aunt Lenora’s carrot cake.

Kalimat yang Diubah Menggunakan absolute phrase

  • We devoured Aunt Lenora’s carrot cake, our fingers scraping the leftover frosting off the plates.

Keterangan :

  1. Fingers : noun (kata benda)
  2. scraping: participle (tenses / bentuk waktu)
  3. frosting : direct object (objek dalam kalimat)
  4. our, the, leftover, off the plates : modifiers (absolute phrase)

Catatan : Dalam menggunakan kalimat absolute phrase maka kalimat tersebut tidak boleh berisi sebuah kata kerja atau verb. Absolute phrase juga tidak dapat berhubungan dengan kalimat utamanya memakai kata hubung (conjunction). Sebab conjuction dalam struktur frase itu juga bisa digunakan dalam kalimat absolute phrase.

Selain itu Participle (bentuk waktu) yang digunakan pada kalimat yang mengandung absolute phrase dapat dihilangkan jika berupa (to be) contoh; being, having been karena dianggap subjek pada kalimat tersebut sudah dimengerti oleh pembaca, sebagai contoh:

  • Their slender bodies (have been )sleek and black against the orange sky, the storks circled high above us.

Kalimat To be (have been) dalam contoh diatas harus dihilangkan sebab dalam absolute phrase, kata to be tidak berfungsi, contoh lain:

  • The storks (had) circled high above us, their slender bodies sleek and black against the orange sky.

Kalimat To be (had) dalam contoh diatas juga harus dihilangkan sebab dalam absolute phrase, kata to be harus dihilangkan.

Baiklah, cukup sekian saja penjelasan kami mengenai Contoh Dan Pengertian Absolute Phrase Dalam Bahasa Inggris. Semoga dengan penjelasan kami tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca sekalian. 🙂