Pengertian Dan Kegunaan Adjective Clause Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Dan Kegunaan Adjective Clause Dalam Bahasa Inggris – Dalam ilmu tata bahasa Inggris yang baik dan benar, selain tenses dan vocabulary masih ada elemen penting yang sering digunakan dalam percakapan bahasa inggris yaitu adjective clause. Umumnya penggunaan adjective clause di dalam kalimat bahasa Inggris digunakan untuk membuat suatu tatanan kalimat yang kompleks. Elemen adjective clause merupakan hal yang paling vital sebab di dalam adjective clause terdapat sebuah kalimat di dalam kalimat lain, oleh sebab itu jika anda tidak menguasai adjective clause maka besar kemungkinan anda akan salah dalam memahami suatu kalimat dalam bahasa Inggris.

klausa, noun, adjective, adjective clause, relative adverb

Pengertian Adjective Clause.

Menurut kamus besar bahasa Inggris, adjective clause merupakan tata bahasa yang terdiri dari dua kata jamak, yaitu kata “adjective” dan “clause, seperti kita ketahui fungsi dari adjective itu sendiri merupakan suatu kata ganti benda (prononoun) dan juga dapat digunakan untuk menjelaskan suatu kata benda (noun) dalam kalimat bahasa inggris. Sedangkan pengertian dari “clause” itu sendiri merupakan kumpulan dua kata atau lebih yang memiliki subjek, predikat dan objek tapi belum merupakan kalimat sempurna sehingga belum bisa dikatakan kalimat.

Jadi bisa disimpulkan pengertian dari adjective clause ialah kumpulan dua kata atau lebih (yang mengandung subjek, object dan verb) yang juga berfungsi sebagai pelengkap suatu kata sifat (adjective), untuk lebih jelasnya silahkan simak contoh di bawah ini :

  • The Man who looks sad is watching TV

clause : kata “who looks sad” merupakan sebuah subjek dan verb yang bertugas sebagai penjelas dari kata sifat (adjective) yang menjelaskan “The man”.

Kegunaan Adjective Clause.

Sesuai dengan contoh diatas, maka bisa disimpulkan kegunaan adjective clause umumnya digunakan untuk menjelaskan sebuah kata benda sehingga membuat kata benda tersebut menjadi lebih spesifik dan khusus, sebagai contoh “jika ada dua orang laki-laki (the man who looks sad) yang menonton TV” dalam contoh kalimat diatas maka pembaca akan bingung, oleh sebab itu kegunaan atau fungsi adjective clause ialah memperjelas mana laki-laki yang sedih (the man who looks sad) dalam kalimat tersebut.

Rumus Adjective Clause.

Menurut grammar of english adjective clause dibagi menjadi dua yakni relative adverb dan juga relative pronoun, untuk mengetahu perbedaan tersebut, simak lebih jelas uraian kami di bawah ini:

Relative Adverb.

Relative Adverb merupakan suatu clause yang diawali dengan kata where, when dan why yang juga berfungsi sebagai penjelas dari kata benda (noun). Sebagai contoh:

  • This is the house where we met yesterday  (kalimat adjective clause kompleks)
  • I don’t know the man who came in to your home. (kalimat adjective clause kompleks)
  • I will donate my money to whom ask for it first. (kalimat adjective clause kompleks)

Relative Pronoun.

Berbeda halnya dengan relative adverb, relative pronoun merupakan salah satu klausa yang diawali dengan kata who, whom, which, whose, that yang berfungsi sebgai penjelas dari kata Noun (kata benda) dan juga Pronoun (kata ganti benda). Sebagai contoh:

  • The woman who called me yeterday is my mother (pronoun)
  • You are the one whom I love. (pronoun)
  • The car that I bought last year was belong to my friend. (noun)

Sobat belajar bahasa Inggris, demikian saja penjelasan kami mengenai  Kegunaan Dan Pengertian Adjective Clause Dalam Bahasa Inggris, Mudah-mudahan dengan penjelasan di atas berguna bagi pembaca sekalian, semoga bermanfaat. 🙂