Perbedaaan Penggunaan Gerund dan Infinitive

Perbedaaan Penggunaan Gerund dan Infinitive –  Penggunaan kata kerja bentuk dasar atau infinitive dan gerund dalam kalimat bahasa Inggris tentu sangat berbeda, meskipun arti dan maksud dalam kalimat tersebut terlihat sama serta kedudukannya sama. Bagaimanapun juga dalam kalimat gerund dan infivitive memiliki beberapa perbedaan bentuk waktu (tenses) baik itu dalam past tenses ataupun future tenses. Oleh sebab itu saat penting sekali untuk mengetahui perbedaan penggunaan gerund dan infinitive dalam bahasa Inggris. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa pengertian, rumus dan contoh kalimat yang disertai dengan gerund dan infinitive dalam bahasa Inggris.

gerund, ing, to infinitive, penggunaan gerund

Pengertian Gerund

Dalam tata bahasa Inggris, gerund merupakan sebuah bentuk kata kerja yang dapat diubah menjadi kata benda (noun) ataupun subjek dan objek. Adapun cara menggunakan gerund ini ialah dengan menambahkan –ing dalam kata kerja tersebut.

Rumus gerund : (Verb + ing)

Contoh kalimat :

  • I like writing very much
  • Siti Nurwinda went swimming the day before yesterday
  • She is lying on the bed watching TV

Di dalam grammar of english, gerund  dapat diikuti dengan kata kerja yang juga bisa diikuti dengan infinitive ataupun keduanya, namun dalam gerund lebih mengacu pada kata kerja yang dibendakan (verb+ing) serta dapat membentuk noun phrase (frasa berupa kata benda). contoh : feeling happy.

Pengertian Infinitives

Sama halnya dengan gerund, dalam tata bahasa Inggris yang baik dan benar infinitive berguna untuk membuat suatu kalimat dengan menambahkan kata to, adapun fungsi dari infinitive dapat digunakan sebagai subjek, menerangkan tujuan, juga dapat digunakan untuk kalimat passive.

Rumus Infinitve : Verb + to

Contoh kalimat :

  • Nurwinda comes here just to see you
  • Siti Rahima asked me to listen to her closely
  • To sing is hard for a person like Sophia

Perbedaan Gerund dan Infinitive

  • Perbedaan Makna

Secara umum yang menjadi perbedaan antara gerund dan infinitive terletak pada makna dan penggunaan kata kerja dalam suatu kalimat, meskipun keduanya memiliki arti yang sama namun maksud dari kedua kalimat tersebut berbeda. Jika anda bingung lihat contoh di bawah ini :

“I Stop drinking coffee (Gerund) – I stop to drink coffee (Infinitive)”

Meskipun memiliki arti yang terkesan mirip, namun maksud dari kalimat diatas sangat berbeda “I stop drinking coffee” itu berarti saya sudah menghentikan kebiasaan minum kopi. Adapun “I stop to drink coffee” itu berarti saya berhenti dari melakukan kegiatan untuk minum kopi, besok saya juga minum kopi lagi. Jadi semacam coffee break.

  • Perbedaan Kata kerja (verb)

Selain memiliki perbedaan makna, gerund dan infinitive juga memiliki perbedaan pada penggunaan kata kerja, secara umum ada beberapa kata kerja yang bisa diikuti gerund dan tidak bisa diikuti oleh infinitive. Akan tetapi ada juga kata kerja yang bisa diikuti oleh keduanya. Berikut perbedaan kata kerja gerund dan infinitive.

Verbs (kata kerja) yang diikuti Gerund:  anticipate, continue, deny, avoid, admit, appreciate, detest, delay, enjoy, excuse, finish, forgive, fancy, keep, mind, postpone, prevent, risk, resist.

Verb (kata kerja) yang diikuti Infinitive : ask, allow, advice, instruct, learn, mean, need, purpose, promise, permit, want, warn,  would like, tell, teach, urge, beg, decide, expect, hope, intend, invite

Pembaca yang terhormat, demikian saja penjelasan kami mengenai Perbedaaan Pemakaian Gerund dan Infinitive, semoga dengan penjelasan di atas berguna bagi pembaca sekalian. Tetap semangat belajar bahasa Inggris nya ya.. 🙂