Reading Pemula

reading pemula, membaca, easy reader

Bagi orang yang baru belajar bahasa Inggris atau kemampuan bahasa Inggrisnya belum bagus pasti sering merasa kesulitan untuk menemukan materi pelajaran misalnya bahan bacaan. Dalam tulisan kali ini allenglish.info akan mencoba berbagi tips-tips reading dan apa yang bisa anda baca jika anda adalah seorang pemula. Yuk disimak artikelnya..

Membaca Bagi Pemula

1. Pastikan anda sudah bisa mengucapkan dan mengeja alphabet dan angka  dengan benar.

Ini merupakan hal yang penting. Paham cara menyebutkan angka dan huruf dalam bahasa Inggris akan membantu meningkatkan kemampuan membaca anda. Bayangkan jika nanti anda harus membaca sebuah artikel yang memiliki data berupa angka. Misalnya begini: $ 17.839. Jika kita sulit menyebutkan angka tentu akan memperlambat kemampuan reading kita.

2. Baca buku-buku graded readers.

Graded readers (atau disebut juga simplified books, easy readers) adalah buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris yang sudah disederhanakan. Buku-buku ini dibuat khusus untuk orang yang belajar bahasa Inggris. Simplified books terdiri dari berbagai tingkat level kesulitan. Jangan pilih buku dengan level yang terlalu mudah. Pilihlah buku setingkat diatas level anda. Karena kita kan tujuannya mau meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

3. Baca simple english wikipedia

Kebanyakan website berbahasa Inggris di internet sulit dipahami bagi orang yang baru belajar bahasa Inggris. Bahkan beberapa webiste bahasa Inggrisnya berantakan, karena siapa saja bisa membuat dan menayangkan tulisan di internet. Menggunakan website sebagai bahan bacaan tentu harus berhati-hati.

Salah satu solusi yang dianjurkan bagi pemula adalah membaca simple english wikipedia. Bisa diakses disini: http://simple.wikipedia.org/. Bahasa Inggris yang digunakan adalah bahasa Inggris yang simple, tetapi tidak terlalu sederhana.

Contoh lihat disini : http://simple.wikipedia.org/wiki/Beatles

Contoh wikipedia yang biasa : https://en.wikipedia.org/wiki/The_Beatles

4. Latih reading dengan listening

Cara ini akan membantu menambah skill bahasa Inggris anda. Silahkan pilih materi bahasa Inggris yang anda sukai. Bisa audiobook, materi listening yang ada teksnya,  film, atau video wawancara. Kemudian baca teksnya sekali atau dua kali, kemudian dengarkan suara audionya. Ingat, pilih materi yang mudah ya… dan ingat juga gunakan materi otentik (asli native speaker).

Metode ini memberikan kita cara membaca yang baik dan contoh yang benar. Ikutilah pengucapan suara yang anda dengar. Tirukan pronunciation nya. Anda akan mengalami peningkatan kemampuan membaca dan speaking dengan menggunakan teknik ini.

Semoga panduan diatas dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Selamat belajar bahasa Inggris dan tetap semangat. 🙂