Review Sesi Trial di Kursus Bahasa Inggris Online British English Class

Banyak orang ingin bisa berbahasa Inggris. Rasa-rasanya dengan bisa berbahasa Inggris berbagai kesempatan akan diraih, beberapa masalah terselesaikan.

Ada banyak cara yang dikerjakan untuk mampu berbahasa Inggris. Salah satunya adalah dengan ikut kursus.

Walaupun dengan belajar otodidak juga bisa, tetapi dengan kursus akan lebih cepat bisanya, karena ada instruktur yang mengarahkan.

Ngomong-ngomong soal kursus Bahasa Inggris, Beberapa hari yang lalu allenglish.info berkesempatan mengikuti kelas trial di British English Class. Sebelum kita jabarkan bagaimana hasil dari trial session tersebut, terlebih dahulu kita kenali dulu apa itu British English Class.

Sesuai dengan namanya, BEC / British English Class (www.britishenglishclass.com) adalah sebuah kursus Bahasa Inggris. Yang membedakan dengan kursus lain adalah BEC merupakan kursus online berbasis chat dengan WhatsApp.

What..? WhatsApp?

Ya.. WhatsApp yang di smartphone itu. Yang buat chatting itu. 🙂

Yang ini :

Ini merupakan terobosan yang baik, daripada Whatsapp cuma buat lihat last seen mantan atau buat kepo in status gebetan 😛

Maksudnya, karena di zaman sekarang hampir semua orang pegang HP dan dengan adanya British English Class ini belajar Bahasa Inggris makin mudah. Tidak perlu keluar rumah.

BEC menawarkan berbagai pilihan kelas Bahasa Inggris. Ada yang grup, ada yang one to one (satu guru satu murid), ada yang full speaking, ada kelas video call, ada kelas dengan guru bule dan ada juga TOEFL Preparation. Selain Bahasa Inggris,  BEC juga menyediakan kursus Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang dan Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia? Ya..

Tetapi tentu ini bukan buat kamu yang Warga Negara Indonesia dong, ini buat Warga Negara Asing yang ingin belajar Bahasa Indonesia.

Kemudian, menurut keterangannya BEC memiliki lebih dari 100 orang guru yang berpengalaman dan qualified. Terus, bagaimana cara ikutan kursus di BEC?. Gampang banget, tinggal buka saja www.britishenglishclass.com

Lihat kelas dan pilih sesuai keinginan.

Sehabis itu, lanjut pilih gurunya.

Bisa pilih berdasarkan latar belakang pendidikan guru nya, nilai TOEFL, nilai IELTS atau berdasarkan pengalaman guru nya.

Ada lebih dari 100 guru di BEC. Silahkan pilih sesuai kebutuhan dan keinginan.

Bisa lihat foto gurunya juga 😛

Setelah itu, contact saja BEC Team nya di 0821.1000.9343. Nanti akan dipandu oleh BEC untuk mengatur jadwal kursus atau pilihan gurunya.

Keunggulan Kursus Bahasa Inggris di BEC (British English Class.com)

Apa sih kelebihan BEC dari kursus lain? Mengapa harus belajar bahasa Inggris di BEC?

Okay, mari kita lihat perbandingan BEC dengan kursus lain :

keunggulan | britishenglishclass.com

Gimana? Mantap kan?

Kita bisa pilih guru. Ada lebih dari 100 guru di BEC.

Kemudian kita bisa pilih jadwal sendiri tanpa harus repot, dan bisa dimana saja belajarnya. Tidak perlu keluar rumah.

Review

Baiklah kita langsung saja ke bagian reviewnya.

Saat itu allenglish.info mendapatkan dua kali free trial (maunya sih lebih ^_^).

Untuk sesi trial pertama,  teacher nya bernama Miss Dewi. Pada sesi ini hanya bercakap cakap lewat chatting tentang informasi diri saja seperti nama, tinggal dimana, kuliah dimana, pekerjaan, tapi kemudian lanjut ngobrol ngalor ngidul saja.

Topik pembicaraannya mengalir saja, jika ada kesalahan maka teacher akan langsung mengoreksinya. Miss Dewi ini dari Bali. Kita cerita-cerita tentang Bali sedikit. Orangnya asyik. 🙂

Setelah chatting, sesi trial dilanjutkan dengan voice record. Jadi kirim-kirim pesannya lewat suara gitu.

voice record | Whatsapp | BritishEnglishClass.com

Kemudian sesi trial kedua pada beberapa hari berikutnya dengan Miss Anisah. Pada sesi ini allenglish.info request materi penguatan tenses. Teachernya mengajarkan simple past tense. Karena trial, jadi nggak bisa minta banyak, hahaha.

Dimulai dengan memberikan contoh dan diikuti dengan penjelasannya.

penjelasan tenses | BritishEnglishClass.com

Berikutnya teacher meminta untuk membuat sebuah paragraf menggunakan tenses yang baru saja dipelajari. Jika terdapat kesalahan, Miss Nisa langsung mengoreksinya.

koreksi kesalahan yang huruf besar | BritishEnglishClass.com

sama seperti trial sebelumnya, sesi trial ini juga dilanjutkan dengan voice record.

voice record Whatsapp lagi | BritishEnglishClass.com

Selanjutnya, Miss Nisa menanyakan pertanyaan biasa saja seperti tinggal dimana, pernah ke kota lain dan sejenisnya. Miss Nisa orangnya juga asyik. Atau emang guru di BEC asyik semua?

Berdasarkan pengalaman trial ini, allenglish.info berpendapat BEC memang bagus. Berasa nggak kursus. Seperti chatting biasa aja. Enak, santai dan bisa bikin Bahasa Inggris kita tambah bagus.

Harga yang ditawarkan BEC juga relatif terjangkau. Dengan 300 ribu rupiah sebulan saja udah bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kita. Jika ingin yang lebih boleh pilih kelas dengan guru bule atau kelas bisnis yang ada garansi lancar ngomong Bahasa Inggris.

Kemudian, waktu belajarnya juga fleksibel. Boleh pagi, siang, sore atau malam. Tinggal didiskusikan saja sama gurunya.

BEC menyediakan banyak pilihan guru. Kita bisa pilih guru yang sesuai kebutuhan kita. Boleh pilih guru berdasarkan pengalamannya, berdasarkan pendidikannya, berdasarkan nilai TOEFL atau IELTSnya. Atau jika tidak mau repot, tinggal konsultasi saja sama Customer Service nya, guru seperti apa yang kita mau.

Kemampuan gurunya juga tidak usah diragukan, berdasarkan trial ini, pronuciation guru BEC bagus-bagus. Bahkan allenglish.info sempat meminta pendapat seorang teman yang juga pengelola kursus Bahasa Inggris dengan memperdengarkan audio voice record. Teman tersebut setuju bahwa kemampuan pronuciation pengajar BEC memang bagus.

Belajar Bahasa Inggrisnya bisa dilakukan dimana saja, sepanjang terhubung dengan koneksi internet. Kita bisa belajar di rumah sambil leyeh-leyeh. Nah.. ini cocok buat yang minggu pagi mager (malas gerak), maunya rebahan saja di tempat tidur.

Selain itu materinya tailor made, bisa request materi. Karena kita tahu one size doesn’t fit all. Kita bisa mulai dari materi yang mudah, kemudian lanjut dengan memperbaiki kekurangan dan berikutnya memperkuat kekuatan.

Okay..dengan segitu banyaknya kelebihan British English Class, apakah BEC ini tidak memiliki kelemahan? Ada dong, di dunia ini tidak ada yang sempurna. Tentu BEC ada kelemahannya juga. Berikut kelemahan British English Class menurut allenglish.info.

  • Butuh kuota akses internet. Belajar di BEC butuh kuota buat koneksi internet. Bagi kamu yang fakir kuota, ini adalah sebuah masalah.
  • Tidak ada tatap muka (kecuali kelas skype). Bagi sebagian orang kalau tidak tatap muka tidak berasa belajar.
  • Tidak ada silabus atau text book. Materi tailor made bisa jadi boomerang jika tidak bijak menggunakannya.
  • Semua interaksi selama belajar menggunakan bahasa Inggris. Kalau benar-benar terpaksa boleh pakai Bahasa Indonesia dengan menggunakan tanda petik (” “).  Bagaimana jika yang ingin belajar kemampuan Bahasa Inggrisnya betul betul beginner? Tahunya cuma Yes, No, thank you. Tentu repot mau ngetik apa. Kelamaan mikir dan buang waktu dulu lihat kamus.

Walaupun ada kekurangan di British English Class, tenang saja. Allenglish.info akan berikan tips untuk memaksimalkan belajar di BEC. Well, tanpa banyak cerita lagi, berikut adalah tips agar belajar Bahasa Inggris di BEC bisa dapat hasil maksimal:

  • Kenali dulu kebutuhan Bahasa Inggris kamu. Misalnya ingin bisa ngomong topik sehari-hari, atau ingin ikut pelatihan ke luar negeri, atau mau menghadiri seminar internasional, mau tembus skor TOEFL 500 dan lain sejenisnya.
  • Kuasai dulu kalimat Bahasa Inggris yang biasa digunakan. Ini berguna agar waktu belajar jadi efektif. Karena waktu belajarnya cuma satu jam. Jadi kamu tidak akan membuang waktu memahami instruksi atau penjelasan dari guru BEC.
  • Harus disiplin. Iya. D.I.S.I.P.L.I.N. Kadangkala karena belajarnya online kira merasa terlalu santai dan terlena. Misalnya kita sudah atur jadwal belajar tiap Senin dan Kamis jam 5 sore. Singkirkan dulu aktivitas lain pada jam segitu. Supaya benar-benar fokus, konsentrasi tidak terbagi.
  • Buat breakdown sasaran yang ingin dicapai. Ini terkait dengan tips yang pertama. Misalnya, pada akhir tahun kamu berencana liburan keluarga ke Australia. Sebelum berangkat tentu kamu ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kamu dulu dong. Ntar malu-maluin nyasar di Australia. Hehehe… Buat dulu sasaran belajarnya. Contoh; belajar kalimat percakapan di bandara, menanyakan arah, memesan hotel, menanyakan harga, memesan tiket kereta api, memesan makanan di restaurant, dan sebagainya.
  • Pilih guru yang sesuai. Kemukakan kebutuhan kamu ke Customer Servicenya. Jangan ragu untuk menjelaskan apa yang kamu mau. Misalnya, ingin guru yang berpengalaman di luar negeri. Atau ingin guru yang berpengalaman di perusahaan multinasional. Sampaikan saja.

Baiklah, kira-kira demikian pengalaman allenglish.info belajar Bahasa Inggris trial di kursus Bahasa Inggris online British English Class. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Sampai ketemu lagi di tulisan berikutnya.