Sekilas Grammar: Perangkat Kalimat, Tips Pronoun dan Tips Tenses

Komunikasi merupakan aspek penting dalam hidup manusia.  Proses komunikasi melibatkan kegiatan berbicara, mendengar, menulis dan membaca. Pada dasarnya manusia tidak pernah secara sengaja  mempelajari aturan-aturan grammar suatu bahasa.  Kita bisa berbicara bahasa yang sama dengan bahasa ibu kita, atau bahasa orang-orang di sekitar kita. Ini adalah fenomena yang alamiah. Secara perlahan seiiring perkembangan waktu kita memiliki kemampuan berbahasa yang bertambah baik.

Kita tidak mempelajari tata bahasa (bahasa daerah atau bahasa ibu kita) untuk berbicara dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi ketika kita merasa perlu untuk meningkatkan kemampuan bahasa native kita itu maka kita mempelajarinya lewat buku. Ketika kita mempelajari bahasa asing, misalnya bahasa Inggris, kita akan mempelajari grammar. Pentingnya grammar ini tidak bisa diabaikan.

grammar, aturan tata bahasa, bahasa inggris

Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net

Grammar merupakan kajian tentang kata-kata dan bagaimana kata-kata tersebut dirangkai bersamaan. Grammar merupakan aturan tak terlihat yang memandu kita menyusun kalimat dalam percakapan. Setiap penutur bahasa, entah itu bahasa apapun secara sadar atau tidak ia mengetahui adanya aturan tata bahasa dalam bahasa tersebut.

Untuk bisa berbicara secara jelas dan efektif, kita perlu mempelajari grammar. Seorang yang tidak memiliki pengetahuan tentang tata bahasa hanya bisa menggunakan bahasa tersebut dalam bentuk yang sederhana. Akan tetapi bagi seseorang yang ingin bisa berkomunikasi dengan lebih baik maka ia akan mempelajari grammar.

Perangkat Kalimat dalam Bahasa Inggris

Setiap kali kta menulis atau berbicara, kita menggunakan berbagai macam unsur kalimat, yang dalam aturan bahasa Inggris disebut sebagai Part of Speech. Dengan memahami penggunaan part of speech ini maka kita akan bisa berbicara bahasa Inggris lebih lancar, menulis lebih baik dan berkomunikasi dengan lebih percaya diri.

Noun / Kata Benda

Noun adalah kata benda atau yang dibendakan. Nama seseorang, nama benda, nama tempat dan sejenisnya. Contoh; Joko, book, news.

Pronoun / Kata Pengganti Benda

Pronoun merupakan kata yang menggantikan noun. Contoh; He, She, What dan lain-lain.

Verb / Kata Kerja

Verb merupakan kata kerja. Verb menyatakan aksi atau tindakan atau keadaan. Contoh; run, booked, was.

Adjective / Kata Sifat Benda

Adjective merupakan kata yang menggambarkan noun atau pronoun. Contoh; strange, messy.

Adverb / Kata Keterangan Kerja

Adverb adalah kata yang menjelaskan verb, adjective atau adverb itu sendiri. Contoh; slowly, very, willingly.

Preposition / Kata Depan

Preposition merupakan kata yang menghubungkan noun atau pronoun dengan kata lain dalam kalimat. Contoh; by, in, on at, for.

Conjunction / Kata Sambung

Conjunction berfungsi menyambungkan dua kata atau kelompok kata. Contoh; and, although, after

Interjection / Kata Seru

Interjection adalah kata yang mengekspresikan emosi yang kuat. Contoh; wow!, ouch! Yikes!

Dasar-Dasar Grammar Bahasa Inggris

Setelah memahami perangkat kalimat, kita sudah bisa menyusunnya menjadi suatu kalimat yang utuh. Kata-kata yang tepat serta susunan yang baik akan membantu dalam komunikasi. Untuk membuat suatu kalimat, paling tidak kita membutuhkan: subject + predicate

  •  Verb / kata kerja juga disebut sebagai predicate menyatakan tindakan atau keadaan.
  •  Subject adalah orang atau benda atau hal yang sedang dibicarakan.
  •  Complement adalah kata atau kelompok kata yang melengkapi makna subject dan predicate

Jenis Complement berupa ; objek langsung / direct object  atau tidak langsung / indirect object, subject complement dan objective complement.

Tips Memahami Pronoun

Pronoun bisa berupa subjective atau objective serta bisa menunjukkan kepemilikan. You / Anda, me / Saya, him / Ia, them / Mereka, us / Kita, everyone / semua orang bisa bicara dan menulis bahasa Inggris lebih baik dengan memahami pronouns.

  •  Pronouns bisa digunakan sebagai subject atau complement subject. Contoh ; I, She, He, We
  •  Pronouns bisa digunakan sebagai object atau complement object. Contoh ; me, him, us, them
  • Pronouns biasanya digunakan sebagai subject atau object. Contoh ; you, it, everyone, anyone, no one, someone, mine, ours, yours, theirs, either, neither, each, everybody, anybody, nobody, somebody, everything, anything, nothing, something, any, none, some, which, what, that.
  • Pronouns digunakan untuk menunjukkan kepemilikan. Contoh ; my, mine, your, yours, his, her, hers, its, our, ours, their, theirs, whose.

Tips Tentang Verb Tenses

Disamping menunjukkan tindakan atau keadaan dalam suatu kalimat, verb / kata kerja juga mengindikasikan waktu kejadian kalimat tersebut. Dengan memahami perbedaan simple, perfect, past dan present tense kemampuan bahasa Inggris kita akan jauh lebih bagus.

  • Simple present tense; menunjukkan apa yang terjadi sekarang.
  • Simple past tense; menunjukkan apa yang telah terjadi, telah berlalu.
  • Simple future; membicarakan apa yang belum terjadi.
  • Present perfect tense ; mengekspresikan kejadin atau keadaan pada saat ini yang memliki kaitan dengan keadaan yang telah berlalu.
  • Past perfect tense ; menceritakan suatu kejadian sebelum kejadian lain yang terjadi di masa lalu.
  • Future perfect tense; menceritakan tentang sesuatu yang belum terjadi yang berhubungan dengan kejadian lain di masa yang akan datang.