Sudah Tahukah Anda 5 Aturan Penting Dalam Speaking?

belajar speakingSetiap orang yang belajar bahasa Inggris pasti tujuannya ingin bisa berbicara dalam bahasa Inggris. Speaking terlihat mudah karena kita tinggal menirukan ucapan saja. Berbagai macam cara dilakukan orang agar bisa dengan cepat lancar speaking bahasa Inggris. Tetapi ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam berlatih speaking seperti yang dijelaskan oleh talkenglish.com dalam “5 Speaking Rules you need to know !

1. Jangan terlalu mempelajari grammar.

Aturan ini mungkin terdengar aneh bagi sebagian besar orang.  Tapi aturan ini merupakan salah satu aturan yang paling penting. Jika anda ingin lancar berbahasa Inggris, jangan pelajari grammar.

Mempelajari grammar hanya akan memperlambat anda. Ketika berbicara anda akan sibuk memikirkan grammar dari kalimat yang akan anda ucapkan. Hal tersebut menyebabkan speaking anda menjadi tidak lancar. Native speaker pun banyak yang tidak memahami grammar, tetapi mereka tetap bisa berkomunikasi dengan lancar.

 2. Pelajari frasa.

Banyak pembelajar bahasa Inggris yang mempelajari vocabulary tetapi tidak bisa menyusun kalimat yang benar.  Seharusnya mereka tidak hanya fokus pada kosa kata saja. Pelajarilah frasa. Jika anda tahu 1000 kata, anda mungkin tidak bisa menyusun satu kalimat yang benar. Tapi jika anda tahu satu frasa, anda bisa menyusun banyak kalimat yang benar.

3. Reading dan Listening saja tidak cukup. Praktekkan speaking.

Urutan alami dalam belajar suatu bahasa adalah listening, speaking, reading kemudian writing. Sementara di sekolah belajar bahasa Inggris dimulai dari reading dan writing. Ketika belajar bahasa Inggris, kita harus mencobakan apa yang kita pelajari. Dengan kata lain, praktekkan apa yang kita dengar dan lihat melalui speaking.

4. Tenggelamkan diri anda dalam bahasa Inggris.

Kita tidak harus pergi keluar negeri untuk menerapkan aturan nomor empat ini. Kita hanya perlu berada pada lingkungan yang berbahasa Inggris. Maksudnya kita perlu membiarkan diri kita terpapar bahasa Inggris sesering mungkin. Misalnya berlatih dengan teman untuk selalu berbahasa Inggris kalau berbicara. Atau bisa juga dengan mendengarkan materi bahasa Inggris melalui mp3 player atau smartphone anda.

5. Gunakan materi yang benar.

Kita sering mendengar ungkapan “practice makes perfect”. Bagaimana kalau ternyata kita mempelajari materi yang salah? Tentu kita sudah mempraktekkan bahasa Inggris yang salah selama ini. Berlatih bahasa Inggris dengan non native speaker ada baik dan buruknya. Baiknya kita dapat teman latihan dan bisa saling memotivasi. Buruknya adalah bahasa Inggris non native speaker tidak sepenuhnya benar. Singkatnya, gunakanlah materi pelajaran yang terpercaya, yang umum digunakan dan yang benar.

Bagaimana dengan anda sobat allenglish.info ? Apakah anda setuju dengan 5 hal di atas ? Silahkan berikan tanggapan anda melalui komentar. 🙂

  • Totally agree…came on Dan…let’s make it big in our campus