Tentang Reading

readingReading adalah salah satu skill penting dalam bahasa Inggris bersama dengan listening, speaking dan writing. Ketika mendengar kata reading, rasanya hampir semua orang tahu. Tetapi perlu juga sedikit kita bahas seperti apa reading itu sebenarnya, agar kita semua dapat meningkatkan kemampuan membaca kita.

Reading merupakan suatu aktivitas yang melibatkan mengidentifikasi huruf, memahami susunan huruf menjadi kata, menyebutkan bunyinya dan memahami maksudnya. Membaca melibatkan proses pikiran dalam memahami huruf-huruf yang merangkai kata sehingga kata tersebut bermakna. Membaca bisa dilakukan dengan bersuara atau di dalam hati saja.

Membaca merupakan receptive skill. Maksudnya kegiatan membaca membuat orang mendapatkan sesuatu. Aktivitas membaca juga membutuhkan keahlian mengucapkan kata-kata. Jadi, reading berhubungan dengan speaking. Selain itu, reading merupakan input dari writing. Hal ini berdasarkan fakta ketika membaca kita memasukkan kedalam memori otak kita susunan huruf-huruf yang membentuk kata dan kalimat. Kemudian ketika kita menulis, kita memproduksi tulisan berupa susunan huruf-huruf yang membentuk kata dan kalimat juga.

Membaca adalah hal yang penting. Dengan sering membaca kita dapat memperoleh informasi. Membaca juga berfungsi untuk melatih otak agar tetap produktif. Tentu saja dengan sering membaca teks berbahasa Inggris akan dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris seseorang.

Membaca kadang-kadang dianggap sulit oleh sebagian orang yang belajar bahasa Inggris. Umumnya hal yang dikeluhkan adalah tidak tahu arti kata-katanya dan tidak tahu cara membacanya. Apalagi dalam ujian bahasa Inggris, jika teks yang diujikan adalah teks panjang, semakin berat terasa ujiannya. 🙂

Keahlian reading bisa dibangun dengan latihan yang rutin. Kemampuan membaca membutuhkan kesabaran, pembiasaan dan latihan yang berulang-ulang. Seiring dengan seringnya latihan, kemampuan membaca seseorang akan meningkat. Kita akan bisa membaca dengan cepat dan dapat memahami maksud sebuah tulisan. (Lihat juga cara meningkatkan reading di sini)

Dalam berlatih reading hendaknya kita menggunakan kamus sebagai rujukan arti dari kata-kata. Lebih bagus lagi jika kita bisa mendengar langsung dari native speaker seperti apa sebuah kata diucapkan sehingga kita bisa menirukan bunyinya dan membacanya dengan tepat.

Disamping itu, ketika belajar bahasa Inggris, seseorang biasanya juga dilatih reading comprehension. Hal ini bertujuan agar seorang pembelajar bahasa Inggris tidak hanya bisa membaca atau menyebutkan bunyi kata saja tetapi juga bisa memahami maksud dan isi sebuah bacaan.

Setelah kita membaca informasi tentang keahlian reading diatas, bagaimana menurut pendapat anda, sobat allenglish.info ? Apakah reading itu penting dalam belajar bahasa Inggris ? Silahkan berikan tanggapan anda melalui komentar. 🙂