Tentang Speaking

speakingDalam belajar bahasa Inggris skill speaking dianggap sebagai indikator kemampuan bahasa Inggris seseorang. Banyak orang yang mengikuti kursus atau pelajaran bahasa Inggris dengan tujuan agar bisa speaking. Sebenarnya bagaimanakah speaking itu? Mari kita bahas bersama-sama dalam tulisan ini.

Speaking adalah satu dari skill inti dalam bahasa Inggris bersama dengan listening, reading dan writing. Speaking atau keahlian berbicara merupakan kegiatan menyampaikan informasi atau mengekspresikan pikiran dan perasaan dengan bahasa lisan. Dalam berbicara kita menggunakan suara yang diproduksi oleh bagian-bagian tubuh seperti: pita suara, paru-paru, lidah, gigi, langit-langit dan bibir.

Berbicara atau speaking dilakukan secara formal atau resmi dan tidak resmi atau informal. Situasi tidak resmi misalnya berbicara dengan anggota keluarga dan teman. Sedangkan formal speaking biasanya dalam pekerjaan, pertemuan atau acara resmi lainnya.

Seperti sudah disebutkan di awal tulisan ini, tujuan utama orang belajar bahasa Inggris adalah agar bisa berbicara dalam bahasa Inggris. Tetapi dalam kenyataannya, banyak juga yang tidak lancar speaking, meskipun di Indonesia bahasa Inggris sudah diajarkan dari tingkat SMP. Banyak juga yang ketika awal belajar menggebu-gebu semangatnya, tetapi ketika sudah praktek mencoba speaking, patah arang. Alasannya bermacam-macam; takut diejek teman, susah mengucapkan, kalimat terlalu panjang dan lain sebagainya.

Belajar speaking, seperti halnya belajar skill yang lain yakni listening, reading dan writing, membutuhkan kesabaran, dedikasi, latihan rutin dan pembiasaan. Mustahil rasanya bisa lancar berbahasa Inggris dalam semalam. Speaking juga tidak sekedar mengucapkan bunyi kata-kata saja, pronounciation juga harus jelas dan dapat dipahami lawan bicara.

Dalam sebuah percakapan, seseorang juga harus sanggup merespon pembicaraan lawan bicaranya. Untuk merespon tentu saja kita harus mampu mendengar dan memahami ucapan lawan bicara. Dengan demikian, ternyata keahlian speaking berhubungan erat dengan kemampuan listening.

Ketika kita listening, kita mendengar kata-kata diucapkan. Kita memasukkan kata-kata berupa bunyi ucapan yang kita dengar kedalam pikiran kita. Ketika speaking kita memproduksi kata-kata dalam bentuk bunyi juga.

Berdasarkan keterangan diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa kita harus banyak listening terlebih dahulu agar kita bisa speaking dengan lancar. Untuk mendapatkan contoh yang baik tentu harus berlatih dengan native speaker. Di era digital ini kita dapat dengan mudah mendownload dari internet audio-audio untuk berlatih listening dan speaking.

Baiklah sobat allenglish.info. Demikian sedikit informasi tentang speaking. Semoga bermanfaat. Apakah anda memiliki tips-tips dalam berlatih speaking ? Silahkan bagikan melalui komentar. 🙂