Tentang Writing

writingWriting adalah salah satu dari skill utama dalam bahasa Inggris disamping listening, speaking dan reading. Keahlian menulis dalam bahasa Inggris dianggap sebagai indikator kemampuan bahasa Inggris seseorang disamping keahlian speaking. Ketrampilan menulis dalam bahasa Inggris dijadikan sebagai skill terakhir yang ingin dicapai dalam bahasa Inggris. Selain itu, keahlian menulis dianggap juga sebagai skill yang sulit untuk dipelajari. Dalam ujian bahasa Inggris, bagian writing sering membuat peserta ujian patah semangat dan bahkan takut.

Keahlian menulis, termasuk menulis dalam bahasa Inggris merupakan penggunaan bahasa dalam bentuk tulisan. Dalam writing digunakan huruf-huruf yang merangkai kata dan membentuk kalimat untuk menyampaikan pesan, informasi atau mengungkapkan pikiran dan perasaan. Dengan penggunaan bahasa dalam bentuk tulisan ini telah memberikan banyak manfaat dalam kehidupan manusia, seperti; untuk komunikasi, mencatat sejarah, merekam informasi dan sebagainya.

Dalam menulis, seseorang perlu memahami aturan-aturan dasar dalam suatu bahasa. Dalam bahasa Inggris aturan tersebut berupa; grammar, pola kalimat, dan tanda baca. Penguasaan vocabulary juga penting dalam menulis disamping pemahaman ejaan dan susunan kata.

Writing menghasilkan produk berupa tulisan. Tulisan tersusun atas huruf-huruf, kata-kata, dan kalimat. Ketika kita menulis, kita mengeluarkan kata-kata dan kalimat dari pikiran kita. Untuk dapat memproduksi kata-kata dan kalimat tersebut tentu kita harus memasukkan kata-kata dan kalimat terlebih dahulu ke dalam pikiran kita. Caranya adalah dengan membaca. Secara singkat, reading merupakan input dari writing. (Lihat juga cara belajar bahasa Inggris di sini)

Ketrampilan writing juga diujikan dalam berbagai macam ujian kemampuan bahasa Inggris seperti; ujian sekolah, ujian saringan masuk, TOEFL dan IELTS. Bagian writing dianggap sebagai bagian tersulit dalam ujian karena writing membutuhkan penggunaan grammar yang tepat dan logika berpikir yang baik. Disamping itu keahlian menulis dalam bahasa Indonesia juga berpengaruh terhadap kemampuan menulis bahasa Inggris. Seseorang yang sudah terbiasa menulis dalam bahasa Indonesia cenderung lebih mudah menguasai writing.

Bisa menulis dalam bahasa Inggris sangat bermanfaat dalam kehidupan di masa kini. Writing diperlukan dalam pekerjaan, perkuliahan, bisnis dan komunikasi. Untuk dapat menulis dalam bahasa Inggris dengan lancar tentu saja harus sering latihan. Writing adalah proses yang memerlukan pembiasaan, perulangan dan latihan yang rutin.

Ketika berlatih writing, sebaiknya seseorang perlu menggunakan kamus untuk memeriksa kata-kata yang akan digunakan dalam tulisannya. Disamping itu kita juga harus memeriksakan tulisan kita kepada orang yang lebih baik bahasa Inggrisnya.

Demikian sedikit informasi tentang writing atau menulis dalam bahasa Inggris. Sobat allenglish.info yang baik hati, apakah anda memiliki saran untuk meningkatkan kemampuan writing ? Silahkan share melalui komentar. 🙂