Tips Belajar Listening

Listening kadang-kadang dianggap sebagai salah satu bagian yang paling sulit dalam belajar bahasa Inggris. Banyak orang yang merasa bisa mengerjakan soal tenses tetapi merasa tidak berdaya ketika menghadapi listening. Sebagai orang Indonesia hal ini merupakan sesuatu yang wajar karena bahasa Inggris bukanlah bahasa nasional kita.listening

Pada tulisan ini tim allenglish.info akan membagikan informasi yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan listening kita. Berikut tips belajar listening yang bisa anda cobakan :

1. Lakukan listening secara rutin

Listening butuh pembiasaan, dedikasi dan perulangan. Semakin sering dilatih dan diulang semakin mudah kita memahaminya. Sebagian pengajar bahasa Inggris menyarankan untuk mendengarkan teks atau materi yang sama berulang kali setiap hari selama satu minggu.

2. Tidak semuanya harus dipahami

Ketika berlatih listening kita harus menyadari bahwa tidak setiap kata yang kita dengar harus kita pahami. Sebenarnya ini juga terjadi ketika kita menyimak dalam bahasa Indonesia. Kita masih mampu menangkap informasi walaupun kita tidak bisa menangkap setiap kata yang diucapkan.

3. Santai saja

Lakukan listening dalam keadaan santai dan relax. Jangan memaksakan diri. Kalau anda bosan karena mengulang materi listening yang itu-itu saja, ambil istirahat sebentar. Atau bisa juga anda listening sambil olahraga, sambil memasak atau sambil menyetir mobil. Intinya, temukan suasana yang menyenangkan anda.

4. Jangan diterjemahkan

Menerjemahkan setiap kata yang di dengar atau kata-kata sulit yang ditemukan akan memperlambat kemampuan kita. Tujuan listening adalah untuk membiasakan diri kita dengan bahasa Inggris. Menerjemahkan akan menyita waktu saja karena otak kita sibuk mencari-cari arti kata, sedangkan informasi yang datang terus berjalan. Apalagi jika kita mendengarkan native speaker berbicara dalam kehidupan nyata, untuk mencari arti kata yang sulit tentu kita tidak bisa meminta ia berhenti bicara.

5. Temukan ide utama

Cari dan temukan ide utama dalam materi listening yang anda dengarkan. Kita sah-sah saja tidak mengerti semua materi listening. Tetapi dengan menemukan ide utama akan membantu kita memahami materi tersebut.

6. Gunakan materi yang bervariasi

Dengarlah berbagai macam materi listening. Jangan hanya fokus pada aksen British atau aksen Amerika.

7. Gunakan materi yang benar

Ini penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anda. Jika kita belajar dengan contoh yang tidak tepat tentu ilmu yang kita terima tidak benar juga. Lebih baik listening dengan native speaker. Anda bisa mendownload berbagai macam materi listening yang berisi suara native speaker dari internet.

Baiklah sobat allenglish.info. Semoga tips belajar listening di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. Apakah anda memiliki tips lain tentang belajar listening? Mari bagikan melalui komentar. 🙂

Sumber gambar : pixabay.com