Tips Belajar Reading

readingAktivitas membaca teks berbahasa Inggris dirasakan sulit bagi sebagian orang. Terlebih bagi orang yang baru belajar bahasa Inggris. Pada kesempatan kali ini, kami dari tim allenglish.info ingin membagikan tips-tips belajar reading yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita. Berikut adalah tips-tips tersebut:

  1. Pastikan anda sudah tahu cara membaca alphabet

Alphabet merupakan hal yang penting dan sangat mendasar dalam reading. Huruf-huruf dalam alphabet membentuk kata dan selanjutnya kata-kata berkembang menjadi kalimat.

      2. Baca kalimat-kalimat pendek

Mulailah dengan membaca kalimat-kalimat pendek saja. Silahkan temukan contoh dari berbagai buku pelajaran bahasa Inggris dan cobalah membacanya. Atau anda bisa juga menggunakan children book yang berisi kalimat pendek dan sederhana.

  1. Baca materi yang mudah

Bacalah materi yang mudah dan topik yang menarik bagi anda. Jika anda menyukai segala sesuatu tentang komputer, bacalah artikel bahasa Inggris tentang komputer. Ini akan lebih cepat meningkatkan kemampuan reading anda. Alternatif lainnya, anda bisa menggunakan graded reader book atau simplified reader book. Buku-buku jenis ini merupakan buku yang kalimatnya sudah disederhanakan.

  1. Baca secara keseluruhan

Bacalah materi secara keseluruhan. Jika anda menemukan kata-kata yang sulit atau tidak diketahui artinya, jangan berhenti. Baca saja terus. Kemudian cobalah menebak arti kata-kata sulit tersebut dengan cara mengaitkan konteksnya dengan kalimat sebelumnya atau kalimat sesudahnya.

  1. Gunakan kamus

Jika terpaksa baru gunakan kamus. Tetapi jangan terlalu sering. Lebih bagus lagi gunakan kamus online, karena dilengkapi dengan cara pengucapan kata tersebut. Jadi anda bisa tahu arti suatu kata beserta cara membacanya.

  1. Listening

Pada hakikatnya skill-skill dalam belajar bahasa adalah satu kesatuan. Dengan menggunakan listening, kita akan mendapatkan contoh cara membaca yang baik. Kita tinggal menyimak dan menirukan.

Dan juga ini akan melatih speaking kita, karena ketika membaca kita mengeluarkan suara. Lebih bagus lagi listeningnya langsung dengan native speaker. Kita bisa mendapatkan audio materi listening beserta teksnya di internet secara gampang.

  1. Ulangi

Reading butuh perulangan yang rutin dan mendalam. Kita harus mampu mengusir rasa bosan dalam berlatih reading.

  1. Relax

Ciptakan suasana yang baik dan nyaman dalam belajar. Sediakan makanan dan minuman ringan jika anda merasa perlu. Berlatihlah dengan rileks.

Baiklah sobat allenglish.info. Semoga tips-tips di atas bermanfaat bagi kita semua. Apakah anda memiliki tips lain? Silahkan bagikan melalui komentar. 🙂

Sumber gambar : pixabay.com