Tips Berlatih Speaking

speakingHello brothers and sisters. Hampir semua orang setuju bahwa bisa speaking adalah tujuan utama dalam belajar bahasa Inggris. Dalam tulisan ini kami dari tim allenglish.info akan membagikan tips speaking untuk yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anda. Tips berikut dikutip dari 7 Rules for Excellent English Speaking yang disusun oleh AJ Hoge dari effortlessenglishclub.com.

  1. Pelajari Frasa, Jangan Pelajari Kata

Ini merupakan hal penting yang harus diingat ketika belajar bahasa Inggris. Mempelajari kata-kata saja tidak akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anda. Native speaker tidak mempelajari bahasa Inggris dengan mengingat kata demi kata. Mereka mempelajari frasa.

  1. Jangan Pelajari Grammar

Mempelajari grammar hanya akan memperlambat saja. Ketika kita ingin berbicara, kita sibuk memikirkan aturan grammar dari kalimat yang akan kita ucapkan.

  1. Mulailah dengan listening

Ya, untuk bisa speaking kita harus listening dulu. Sebagian sekolah mengajarkan reading lebih dahulu. Kita membaca buku teks dan mempelajari tenses.

  1. Belajar dengan pelan dan mendalam

Tidak usah terburu-buru dalam belajar bahasa Inggris. Dan juga harus sering diulang dan dilatih. Pelajarilah satu materi berkali-kali sebelum lanjut ke materi berikutnya.

  1. Gunakan mini story dengan point of view berbeda

Mini story yang dimaksud AJ Hoge adalah semacam cerita singkat biasa. Sedangkan point of view adalah keterangan waktunya. Misalnya sebuah cerita disampaikan dalam bentuk present, kemudian diceritakan lagi dalam bentuk past tense. Contoh kalimatnya:

  • I buy a new book           present
  • I bought a new book      past

Ini terkait dengan aturan No.2 Jangan Pelajari Grammar. Gunakan saja mini story dengan point of view berbeda, maka anda akan menguasai grammar secara otomatis. Untuk membuat mini story kita membutuhkan seorang native speaker. Carilah sebuah teks atau cerita dalam bentuk present, lalu mintalah native speaker untuk menuliskan dan membacakan dalam bentuk past tense serta future tense.

  1. Belajarlah dengan materi yang benar

Ketika kita menggunakan bahan pelajaran yang benar kita akan mendapatkan hasil yang benar pula. Gunakan real English lesson untuk berkomunikasi dengan real people.

  1. Gunakan pola Listen and Answer

Selama ini kita sering menemukan orang belajar bahasa Inggris dengan pola listen and repeat. Dengar dan ulang. Menurut AJ Hoge listen and repeat tidak akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara signifikan. Yang lebih tepat adalah listen and answer. Dengan pola ini kita diajak merespon sebuah pertanyaan seolah-olah sedang bercakap-cakap dalam bahasa Inggris.

Sobat allenglish.info, semoga informasi ini bermanfaat. Jika anda memiliki tanggapan, silahkan tinggalkan komentar. 🙂

Sumber gambar : pixabay.com