Tips Berlatih Writing

writingWriting biasanya dianggap sebagai bagian paling susah dalam belajar bahasa Inggris. Dalam ujian kemampuan bahasa Inggris pun seperti ujian naik kelas, TOEFL ataupun IELTS, writing membuat banyak orang mengeluh. Banyak orang yang bisa mengerjakan soal-soal tenses dengan benar tapi tidak bisa membuat tulisan dalam bahasa Inggris.

Kemampuan writing memang tidak bisa didapatkan dalam waktu yang singkat. Writing butuh usaha keras dan dedikasi penuh. Dalam tulisan kali ini, kami dari tim allenglish.info akan membagikan tips-tips yang dapat diterapkan dalam belajar writing. Berikut adalah tips-tips nya:

  1. Tahu ABC

Tentu saja untuk bisa menulis dalam bahasa Inggris seseorang harus tahu huruf-huruf dalam alphabet. Kemudian kemampuan spelling juga harus dikuasai.

  1. Paham tata bahasa

Menerapkan aturan-aturan tata bahasa menjadi bagian yang paling sulit dalam proses writing. Agar tulisan enak dibaca tentu saja harus mematuhi kaidah-kaidah grammar yang ada.

  1. Reading

Dengan membaca akan meningkatkan kosakata. Selain itu membaca akan memberikan contoh pola dan struktur kalimat. Terkait dengan tips No.2, dengan membaca tulisan yang grammarnya bagus maka secara tidak langsung kita akan belajar grammar yang baik pula.

  1. Tulis kalimat singkat

Ketika baru mulai belajar writing tulis saja kalimat-kalimat singkat dan sederhana terlebih dahulu. Misalnya kalimat-kalimat yang berisi kegiatan kita sehari-sehari. Memulai dengan yang mudah akan meningkatkan semangat kita dalam belajar.

  1. Salin artikel lain

Selain membaca, cara lain yang bermanfaat dalam belajar writing adalah menyalin artikel atau tulisan lain. Tentu saja kita harus menggunakan tulisan yang memiliki grammar yang baik agar kita bisa belajar dari tulisan tersebut.

  1. Dikte dan Listening

Belajar writing dengan menggunakan cara dikte juga sangat membantu. Anda bisa meminta orang lain membacakan sebuah teks, kemudian anda mencatat teks yang dibacakan tersebut. Cara lain adalah menggunakan materi listening atau lagu. Dengarkan audio listening atau lagu tersebut, kemudian catatlah kata-kata yang diucapkan.

  1. Rajin berlatih

Writing seperti halnya skill lain (listening, speaking dan reading) membutuhkan latihan yang rutin. Selain menulis di buku, anda bisa menggunakan facebook dan twitter untuk berlatih writing. Buatlah status dan twit dalam bahasa Inggris. Kemampuan menulis dalam bahasa Inggris tidak bisa diperoleh secara instant. Butuh kerja keras dan usaha yang gigih.

Well, brothers and sisters pembaca allenglish.info. Demikianlah tips-tips yang bisa diaplikasikan dalam belajar writing. Semoga bermanfaat. Apakah anda memiliki tips lain dalam belajar writing? Mari bagikan melalui komentar. 🙂

Sumber gambar: pixabay.com